Pagelaran Kesenian Daerah, Momentum Mengikat Keragaman Seni-Budaya di NTT

 

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Setelah sukses menyelenggarakan Pagelaran Kesenian Daerah Tahap I dan II walau ditengah Pandemi covid-19, UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar kegiatan serupa untuk tahap III.

Kegiatan yang diagendakan selama tiga hari tanggal 26-28 November mengambil tema ”
“Generasi Millennial Dalam Karya Musik Genre Tradisional”. Pagelaran Kesenian Daerah ini setidaknya menjadi momentum mengikat keragaman Seni-Budaya di NTT.

Demikian sambutan tertulis Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, yang dibacakan Kepala UPTD Taman Budaya, Sofyan Kurniawan pada pembukaan kegiatan, Kamis (25/11/2021).

Dikatakan Linus, NTT kaya akan nilai seni dan budaya namun selama ini belum dikenal luas baik di tingkat regional maupun nasional. Untuk itu, Pagelaran Kesenian Daerah semacam ini sangat tepat agar tetap lestari dan dikenal masyarakat luas.

Menurut Linus,  perkembangan dunia kesenian saat ini perlu ditopang bersama agar tidak tergerus oleh arus modernisasi. Kekhasan nilai seni dan budaya di NTT perlu dijaga bersama-sama baik pemerintah maupun pelaku seni.

Terkait alasan diambilnya tema ini, kata Linus, menggambarkan salah satu unsur budaya yang diharapkan mampu menembus zaman dan bisa bertahan. Keanekaragaman budaya di NTT pada hakikatnya merupakan sebuah potensi dan modal dasar untuk membangun daerah ini.

Untuk itu Linus mengajak semua pihak untuk melestarikan budaya yang ada dalam upaya memperkokoh kehidupan berbudaya yang menjadi warisan leluhur.

 

Kepala UPTD Taman Budaya NTT, Sofyan Kurniawan menegaskan, kekhasan budaya NTT perlu dijaga dan dilestarikan. Di daerah lain kekhasan budaya dijaga dengan baik sehingga di NTT jangan sampai tertinggal.

Dirinya mengungkapkan bahwa rata-rata budaya di semua daerah lebih banyak budaya tutur. Hal ini gampang hilang. Untuk itu perlu dilestarikan agar bisa diketahui generasi mendatang.

Ditambahkan, kegiatan yang terus dilaksanakan UPTD Taman Budaya NTT mendapat perhatian luar biasa dari pemerintah pusat. Hal ini terbukti dengan UPTD ini masuk peringkat A ditingkat nasional.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *