UCB Kupang Hadirkan Menkes dan Anggota DPR RI Bedah Persoalan Pandemi Covid-19

 

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang, NTT menggelar Seminar Nasional Tentang Pandemi Covid-19 Memotong Usia Harapan Hidup.

Seminar Sehari Secara On Line (Zoom) yang diselenggarakan Fakultas Kesehatan UCB itu menghadirkan pembicara  Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Apt. Melkiades Lakalena.

Juga hadir, Ketua PPNI Pusat, Dr. Harif Fadhilah, SKp, SH,MKp, MH, ketua IAKMI Pusat, Dr. Ede Surya Darmawan,SKM, MDM, Wakil ketua PP(A)-Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia, Prof.Dr.Apt .Keri Lestari, MSi   dan Sekjen PP IBI Pusat, Dr. Ade Jubaedah, SSiT, MKM,MM.

Rektor UCB, Prof. Dr. Frans Salesman, SE, MKes  yang membuka seminar itu pada Sabtu (20/11/2021) mengemukakan, di masa pandemi covid-19 ini ada degradasi kwalitas usia harapan hidup pada lansia dan balita.

Prof Salesman menyatakan, sesuai data, di Indonesia ada 80 juta penduduk lanjut usia dan anak di bawah lima tahun atau 30 % mengalami penurunan derejad kesehatan sehingga perlu ditangani secara serius.

“Banyak sekolah tutup menyebabkan psikologi  anak terganggu, ada banyak yang putus sekolah, minat baca menurun drastis,  tidak mengunjungi fasiltas kesehatan dan khusus NTT ada sekitar 355.000 orang  terdampak covid-19,” ujar  Prof  Salesman.

Lebih lanjut dalam seminar yang dimoderatori Dekan Fakultas Kesehatan UCB, Vinsen L. Making, SKM, MKes itu, Rektor Salesman  menyebutkan,  ada penurunan pendapatan, pemutusan hubungan kerja, kemiskinan ekstrim di Indonesia mencapai
4 %.

Khusus NTT  kemiskinan mencapai 20, 90 % dengan kemiskinan ekstrim terjadi di kabupaten  Sumba Timur, Sumba Tengah, Timor Tengah Selatan (TTS), Rote Ndao dan Manggarai Timur.

” Melalui seminar nasional ini bisa ada rekomendasi untuk penanganan  lebih lanjut  karena pandemi covid -19 ini bukan hanya berdampak  pada kesehatan namun pada semua aspek kehidupan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Apt. Melkiades  Lakalena  mengatakan, DPR selalu mendorong pemerintah agar menangani covid-19 secara serius, komprehensif dan secepatnya memulihkan keadaan sehingga tidak berdampak lebih jauh dan lama.

“Kita tentu perlu menyesuaikan diri karena wabah corona ini mengganggu seluruh sendi kehidupan,” kata Politisi Golkar ini.

Sedangkan Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin,  mengungkapkan, corona merupakan pandemi dunia sehingga perlu kerjasama semua pihak dan komitmen bersama untuk menanganinya.

” Pemerintah memiliki kewajiban melindungi seluruh rakyat dari segala persoalan namun perlu dukungan dan kerjasama kita semua !” pesan Menkes Budi Sadikin.

Ketua panitia seminar, Ns. Yohanes Dion, S.Kep.MKes.  melaporkan, tujuan seminar ini adalah untuk melihat dampak covid-19   dari sisi Keperawatan, Kebidanan, Farmasi dan Kesehatan Masyarakat yang  diikuti 40 orang pejabat  dari berbagai level dan 800 mahasiswa.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *