BPPSDMP Gelar Pelatihan Pertanian Perdana di Kabupaten Lembata

 

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah BPPSDMP Kementerian Pertanian secara proaktif terus mengupayakan peningkatan produksi sektor pertanian khususnya di 11 wilayah binaan BBPP Kupang terlebih di wilayah Provinsi NTT.

Demi meningkatkan produktivitas sektor pertanian dalam negeri,, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) selalu berupaya melakukan peningkatan kompetensi SDM Pertanian masyarakat demi mendukung efektifitas dan kemajuan sistem pengolahan pertanian di Indonesia.

Menteri Pertanian Indonesia , Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam berbagai kesempatan selalu mengatakan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian.

“Salah satu fokus kita adalah meningkatkan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” ujar Mentan Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa BPPSDMP berada di garis terdepan dalam pembangunan SDM pertanian.

“Itu berati segala sesuatu yang terkait peningkatan kapasitas SDM merupakan tugas BPPSDMP ujar Dedi Nursyamsi.

BBPP Kupang akan terus melaksanakan pelatihan-pelatihan teknis pertanian baik bagi peserta aparatur maupun non aparatur dengan tema-tema yang sangat bermanfaat dan tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Kabupaten Lembata menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Pelatihan Teknis Pertanian yang digelar oleh BBPP Kupang di akhir tahun 2021 ini.

Kabupaten Lembata merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi NTT dengan potensi sektor pertanian dan peternakan yang sangat menjanjikan.

Serta berpotensi untuk menjadi sumber utama pendapatan dan pembangunan daerah sehingga pelatihan dengan tujuan peningkatan SDM Pertanian masyarakat merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan.

Dengan mengambil tema Pengolahan dan Pengawetan Pakan Ternak, BBPP Kupang gelar pelatihan secara langsung bagi 30 peserta non aparatur di Kabupaten Lembata.

Kegiatan Pelatihan dalam rencana dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 15 sampai 17 November 2021.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata P. Qanisius Tuaq dalam sambutannya menyampaikan cita-cita pembangunan sektor Pertanian dan Peternakan di Kabupaten Lembata khususnya dalam pengembangan ternak kambing, babi dan kuda serta ayam petelur yang sangat tinggi permintaanya di daerah-daerah di sekitar Kabupaten Lembata.

“Kami sangat senang bahwa Kabupaten Lembata menjadi salah satu lokasi pelaksanaan pelatihan pertanian oleh BBPP Kupang yang secara tidak langsung sangat berperan baik bagi tujuan pengembangan sektor Pertanian di Kabupaten Lembata,” ujarnya.

Dalam Pembukaan kegiatan pelatihan ini pula hadir mewakili Kepala BBPP Kupang, Koordinator Program dan Evaluasi BBPP Kupang Bayu Ariawan S.Pd, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas antusiasme yang tinggi baik dari pihak pemerintah mauoun masyarakat dalam menyambut kegiatan pelatihan pertanian yang perdana dilaksanakan di Kabupaten Lembata.

“Dengan respon yang sangat baik terhadap kegiatan pelatihan ini, BBPP Kupang dengan senang hati akan terus mendukung program pembangunan pertanian di Kabupaten Lembata dengan terus berupaya melaksanakan pelatihan-pelatihan pertanian dengan tema yang tentunya disesuiakan dengan kebutuhan masyarakat Lembata,” ujarnya.(*/ER/Rilis Berita BBPP Kupang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *