Sektor Jasa Keuangan Gandeng REI NTT Siap Gelar Serbuan Vaksin

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Sektor jasa keuangan di Nusa Tenggara Timur menggandeng REI NTT bersinergi memulihkan ekonomi NTT dengan menggelar serbuan 5000 vaksin sinovac.

Kegiatan ini dengan kelompok sasaran masyarakat umum dan anak-anak usia 12 tahun keatas selama empat hari terhitung mulai dari tanggal 20–24 September 2021 bertempat di Pitoby spot center Sikumana.

Demikian dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Timur, I Nyoman Ariawan Atmaja, saat konferensi pers bersama wartawan di cafe Petir Kupang, Kamis (16/9/2021) .

“Kita mau melakukan vaksinasi di Kota Kupang karena kasus covid di NTT per 14 September tercatat 61617 kasus. Walaupun kota Kupang sudah turun level 3 tentu kita tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) seperti jaga jarak memakai masker dan cuci tangan, “katanya.

Menurutnya, upaya pemulihan ekonomi ada lima hal yang harus di lakukan pembukaan dan percepatan sektor produktif seperti pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, yang resikonya rendah.

Kemudian juga mendorong pembiayaan melalui Pokja pembiayaan. Mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan melalui Qris teman-teman dari OJK juga teman-teman mendorong digitalisasi.

Semuanya terus didorong untuk membangun kebijakan antara fiskal, BI dan moneter kemudian dari mikroprudensial juga selalu signifikan sehingga mempercepat pemulihan termasuk memperpanjang kredit.

Jadi kredit juga di longgarkan lagi sampai tahun 2023. Mendorong ekosistem digitalisasi melalui perbankan dan juga di hubungkan dengan fintech. Kalau vaksinasi itu kita tidak dorong akan lama dilihat dari jadwal sekitar Maret 2022.

Per 15 September 2021 di NTT vaksin tahap I baru mencapai 25,99 persen atau sebesar 995.781 orang dari target 3,8 juta jadi masih rendah.

Sedangkan dosis II baru mencapai 13,21 persen atau 506068 orang kalau kita lihat Bali dan DKI sudah hampir 100 persen dosis I malahan DKI lebih dari 100 persen itu yang kita dorong.

“Makanya kita mendorong melalui kerja sama mengajak pemerintah provinsi dan REI NTT untuk mempercepat vaksinasi di NTT. Dan kita sudah mulai pada tanggal 15 Januari yang lalu tahun 2021 sampai dengan 14 September sebanyak 958 ribu orang yang menerima vaksin I dan sebanyak 500035 orang menerima dosis II,” ujarnya.

Ia juga mengatakan harapkan kita terus mendorong vaksinasi ini sampai 75 persen dari target 3,8 juta. Kita bisa mempercepat itu akan lebih baik lagi jangan di 2022 bulan Maret. Kalau bisa dipercepat akhirnya tahun ini tentu akan mempercepat pemulihan kita. Untuk periode ini kita akan melakukan di Kupang dan Maumere.

“Harapan saya tolong ini didukung oleh semua lapisan masyarakat terutama adalah sentra-sentra ekonomi aktivitas ekonomi kita pulih UMKM, nasabah, pasar dan pertokoan sehingga ekonomi kita bisa berjalan dengan baik,” pinta I Nyoman Ariawan.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *