KSP CU Serviam Tata Kembali Manajemen di Puncak HUT ke 36

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (KSU CU) Serviam, Kupang ke 36 tanggal 25 Agustus 2021 diwarnai dengan penataan kembali manajemen. Manajemen yang ada selama ini terutama di kantor cabang dan cabang pembantu belum memiliki kepala kantornya.

Hal menarik bahwa manajemen yang dilantik pada puncak HUT ini adalah kaum muda yang rata-rata berusia dibawa 30 tahun. Dasar pertimbangannya kaum muda lebih enerjik dan mampu membawa perubahan sekaligus menjadi cikal bakal keberlanjutan kepemimpinan lembaga ini kedepan.

Ketua KSP CU Serviam, Kupang, Dr. Dominikus Wara Sabon, M.Sc menyampaikan ini di sela-sela acara Dies Natalis ke 36 KSP CU Serviam dan Pelantikan Wakil General Manager di Neo Aston Hotel Kupang, Rabu (25/8/2021). Adapun tema HUT yakni “Kita tingkatkan keswadayaan menuju sejahtera bersama”.

Dijelaskan Dominikus bahwa pada momen HUT Serviam tahun 2021 ini ada acara khusus berupa pelantikan manajemen. Ini karena
di kantor cabang dan cabang pembantu belum memiliki kepala kantornya.

Menurut Dominikus, sejak April 2021 lalu pembahasan mengenai penataan manajemen sudah dilakukan dan ketika itu diputuskan untuk pelantikannya pada puncak HUT ke 36.

“Ini kita Lantik manajemen dan bukan pengurus karena masa tugas pengurus berakhir tahun 2022. Ini sudah menjadi budaya organisasi dan kita mulai tahun kemarin pada HUT yang ke 35 itu kita pelantikan General Manager,” jelasnya.

Dirinya menyebut bahwa pelantikan pimpinan manajemen pada momen ini yakni Wakil General Manager bersama 4 orang Manager, 4 Kepala Divisi dan beberapa kepala kantor cabang pembantu.

“Kenapa baru sekarang kita tata manajemen ini karena di kantor-kantor pelayanan baik di cabang maupun di kantor cabang pembantu selama ini memang banyak yang belum mempunyai kepala kantor,” jelas Dominikus.

Ditanya bahwa penempatan pimpinan manajen didominasi kaum muda, Domi menegaskan terkait dengan ini didasari pada wilayah jangkauan pelayanan di sepanjang Pulau Timor dan Semau yang banyak ditemui permasalahan terkait dengan geografi dan topografi.

Alasan inilah, lanjut Domi, mendorong pengurus butuh rekrutmen tenaga yang dibawa 35 tahun sebagai syaratnya untuk bisa bekerja di seluruh tempat lain. Selain itu dalam pembicaraan dengan mereka bahwa harus mengambil bagian sehingga menarik kaum muda lain untuk bergabung di Serviam.

“Kita dorong kaum muda untuk menarik kaumnya dan kedepan tentu kaum muda inilah yang akan memimpin keberlanjutan Serviam ke depan,” tandas Dosen Matematika ini.

Mengenai Bulan Menabung Serviam Berhadiah, Dominikus menjelaskan bahwa konsep ini sesungguhnya mengadopsi ide Bung Hatta selaku Bapak Koperasi dimana dia menggalakkan untuk menumbuhkan Modal koperasi keswadayaan.

Ide itu kemudian didiskusikan dengan teman-teman di KSP untuk dibuat bukan dalam pekan tetapi dalam sebulan melalui gerakan menabung Serviam.

“Kita menambahkan bulan menabung dalam rangkaian tiga peristiwa besar yakni Hari Koperasi ke 72, HUT RI tanggal 17 Agustus dan puncaknya adalah HUT KSP Serviam ke 36 ini,” katanya.

Ditambahkan Domi, ketiga momen ini pihaknya mencoba untuk bagaimana mengingatkan kembali para anggota tentang sikap menghemat. Sikap menabung ini didesain dengan tidak memberikan tunai entah itu dalam bentuk voucher pulsa, data pembayaran agen dan sebagainya.

“Atau bisa dengan menabung kembali tidak ada hadiah. Sampai dengan hari ini tanggal 25 Agustus kurang lebih sekitar 3.000 orang anggota yang menabung selama 1 bulan dengan total simpanan kurang lebih Rp 5 miliar dan ini merupakan jumlah yang tidak sedikit. Setelah ini kita akan evaluasi bisa saja program ini kita akan lanjutkan pada waktu yang akan datang,” pungkasnya.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *