Manajemen KSP CU Serviam Perkuat Basis di Timor dan Semau

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—Tak terasa kehadiran Koperasi Simpan Pinjam (KSP) CU Serviam-Kupang memasuki usia ke 36 yang puncak perayaannya dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021. Walaupun dalam dua tahun belakangan diterpa bencana Pandemi covid-19 dan bencana Seroja, tapi tingkat pertumbuhan anggota dan aset berjalan baik.

Untuk menjaga eksistensi KSP ini maka seluruh Manajemen baik di pengurus pusat maupun wilayah berkomitmen untuk perkuat basis di Timor dan Semau. Diharapkan pandemi covid ini segera berakhir sehingga gairah ekonomi masyarakat dapat pulih kembali seperti sediakala.

General Manager (GM) KSP CU Serviam, Kupang, Benediktus Seran, S.H menyampaikan hal ini kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/8/2021).

Ben–demikian Benediktus disapa mengakui kalau dampak dari bencana alam seroja ditambah Pandemi covid-19 dalam dua tahun belakangan ini, sangat dirasakan manajemen perkoperasian di tanah air. Kondisi inipun dirasakan KSP CU Serviam.

Meskipun begitu, lanjut Ben, pihaknya terus berbenah dengan berbagai terobosan agar anggota tetap menjadikan KSP Serviam sebagai pilihan terbaik. Alhasil sampai sekarang pertumbuhan anggota dan aset tetap baik walaupun agak tertatih-tatih.

“Pertumbuhan anggota sejauh ini berjalan baik walau dihadapkan dengan pandemi covid-19. Sampai Agustus 2021 ini keanggotaan seluruhnya baik di kantor pusat maupun di 7 Wilayah mendekati 60.000. Ini karena pengelolaan manajemen sangat transparan sehingga anggota tetap terjaga dengan baik,” jelas Ben.

Dirinya menuturkan bahwa dalam kondisi sekarang ini untuk mendapatkan anggota baru tidak berjalan lancar. Pada tahun buku 2021 ini target keanggotaan yang harus dicapai adalah 7.000 namun saat ini baru mencapai 5.000-an dan ini bagi manajemen masih dalam tataran normatif.

“Pada puncak HUT KSP Serviam nanti kita akan evaluasi bersama. Biasanya kalau tidak ada Pandemi covid kita hadirkan anggota tapi situasi tidak mengijinkan dan kita taati aturan sehingga kita laksanakan melalui virtual saja,” tutur Ben.

Ditanya soal dampak positif dari Program Bulan Menabung Berhadiah Serviam, Ben mengatakan sesuai laporan yang dia terima cukup mendapat respon yang baik dari anggota. Program ini terutama pada 2 produk simpanan yaitu untuk simpanan dana pendidikan anak dan simpanan pensiun anggota.

“Partisipasi anggota dalam satu bulan ini cukup baik dalam memanfaatkan program bulan menabung berhadiah. Mereka simpan di tabungannya. Ini kita mengajak anggota untuk bagaimana mereka bisa gemar menabung. Kita sebelumnya buat banner lalu pamflet sehingga anggota sangat antusias,” kata Ben.

Soal program ini dilanjutkan atau tidak, Ben belum memastikan karena harus dibicarakan bersama manajemen KSP baik di pusat maupun di wilayah pada puncak HUT tanggal 25 Agustus. Sedangkan mengenai rencana pengembangan, Ben menegaskan saat ini masih memperkuat basis di Timor dan Semau.

Ben tetap optimis KSP ini akan terus berkembang maju dan berterima kasih kepada anggota yang sudah percaya untuk bersama dengan Serviam berkontribusi baik simpan maupun pinjam dan juga telah mengembalikan.

Sehingga walaupun dalam situasi Covid, Serviam masih tetap eksis dan masih bisa berkembang dan tetap ada sampai saat ini.
Harapan seluruh manajemen para anggota memanfaatkan berbagai produk yang disiapkan untuk mempercepat pemulihan usaha kalau memang ada yang terganggu akibat bencana Seroja maupun covid-19.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *