BPP Kualin, Kabupaten TTS Siap Direnovasi dan Rehabilitasi

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Balai Pelatihan Pertanian (BPP) yang terdapat disetiap Kecamatan memiliki peran penting sebagai pusat data dan informasi. Juga pusat pembelajaran, pusat pergerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat jejaring kemitraan sudah seharusnya didukung dengan ketersediaan sarana dan gedung yang layak.

Namun jika diperhatikan lebih lanjut, banyak gedung BPP yang kondisinya sangat memprihatinkan bahkan adapula yang belum memiliki gedung BPP.

Oleh karena kondisi inilah, Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP menggelontorkan anggaran untuk renovasi dan rehabilitasi BPP.

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang yang merupakan UPT di bawah naungan BPPSDMP Kementan bertugas untuk mengkoordinir kegiatan renovasi BPP.

Adapun salah satu BPP yang telah diobservasi dan akan direnovasi adalah BPP Kualin, Kecamatan Kualin, Kabupaten TTS.

Pelaksanaan percepatan pembangunan BPP dimulai pada hari ini Jumat, 20 Agustus 2021 yang ditandai dengan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan BPP Kualin.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabuaten TTS dan Kepala BBPP Kupang drh. Bambang Haryanto, MM beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut Ibu Esti selaku perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan TTS menyampaikan sambutannya.

Jajarannya sangat berterima kasih kepada BBPP Kupang yang telah mengkoordinir pembangunan BPP Kualin dan juga kepada Kementerian Pertanian atas perhatian dan bantuannya sehingga gedung BPP Kualin menjadi salah satu BPP yang direnovasi.

Menurutnya, jika dilihat bangunan yang ada memang sudah tidak layak untuk digunakan. Dengan dibangunnya gedung BPP yang baru besar harapan agar Koordinator BPP dapat lebih mengoptimalkan peran BPP sebagaimana mestinya.

Selanjutnya, Kepala BBPP Kupang juga memberikan sambutannya. Dikatakan Bambang bahwa pihaknya mendapat arahan dari Bapak Menteri bahwa banyak BPP yang perlu direhab.

” Anggaran ini merupakan anggaran langsung dari pusat, kami ini hanya membantu mengkomunikasikan serta mengkoordinir pembangunan BPP,” ungkap Bambang.

Ditambahkannya bahwa BBPP Kupang berharap agar pelaksanaan pembangunan BPP Kualin dapat berjalan dengan baik dan selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Kegiatan pembangunan BPP akan terus dikawal sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan selesai tepat pada waktunya.

Jika bangunan BPP yang baru telah berdiri maka ke depannya para penyuluh harus lebih bekerja keras, bekerja cepat serta dapat memanfaatkan teknologi yang ada.

“Memang hambatan yang saya lihat dilokasi ini adalah ketersediaan jaringan internet yang belum stabil, ini menjadi catatan bagi kita dan mungkin nanti Dinas Pertanian TTS dapat membantu komunikasikan dengan pihak terkait agar nantinya akses internet disini dapat tersedia dengan baik,” jelas Bambang.

Kegiatan selanjutnya yaitu peletakkan batu pertama yang dilakukan oleh Kepala BBPP Kupang serta Perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan TTS, dan diikuti oleh jajaran BBPP Kupang, Danramil dan tokoh masyarakat. Peletakkan batu pertama ini menandai permulaan pembangunan BPP Kualin.(*/ER/Rilis Berita BBPP Kupang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *