Muhammadyah Covid-19 Command Center PPM Bersama Kemenkes RI Gelar Vaksin Lintas Agama di Kupang

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Muhammadyah covid-19 Command Center ( MCCC) Pimpinan Pusat Muhammadyah( PPM) bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, Unversitas Muhammadyah Kupang( UMK) dan Dinas Kesehatan Kota Kupang menggelar Vaksin Lintas Agama di Kupang.

Walikota Kupang, DrJefri Riwu Koreh , Mm, MH saat membuka resmi kegiatan Vaksin Lintas Agama Rabu (11/8/2021) mengatakan, Universitas Muhammadyah Kupang adalah salah satu Universitas terdepan yang membantu pemerintah Kota Kupang untuk menyadarkan masyarakat Kota Kupang mengatasi persoalan covid-19. Karena menurut Jefri persoalan ini bukan hanya pemerintah kota dan Provinsi saja tapi ini adalah masalah bersama.

” Saya percaya bahwa kegiatan ini adalah satu kegiatan kemanusiaan yang sangat luar biasa. Kegiatan ini merupakan kebanggaan karena Muhammadyah dan beberapa tokoh agama mempunyai harapan dan perhatian dalam membangun kebersamaan di kota Kupang dalam memerangi Covid-19,” ujarnya

Jefri juga menjelaskan,di Kota Kupang ini adalah level 4 syaratnya adalah diantara 100 ribu penduduk, terdapat 100-150 orang terjangkit perminggu.

Di kota Kupang sendiri sudah mencapai 750 orang perminggu, ada yang rata-rata kenaikannya 144 sampai 200 orang. Hal ini menyebabkan Pemerintah menetapkan kota Kupang sebagai salah satu Kota PPKM level 4, ini membuat tanda merah buat Kota Kupang.

” Terhadap persoalan ini, saya mengajak untuk bersama-sama bergandeng tangan menginggatkan saudara-saudara kita bahwa kota Kupang sangat berbahaya, yang meninggal rata-rata 10 orang setiap harinya dan hal ini bukan gampang. Jadi kita tidak boleh menyerah dalam mengatasi persoalan ini?” ungkap mantan anggota DPR RI ini.

Ditempat yang sama, Rektor UMK kupang, Dr Zainur Wula, M.Si dalam sambutannya di Aula UMK Kupang mengatakan, kerja sama antara Muhammadyah Covid-19 Command Center PPM, Kementrian Kesehatan RI, Universitas Muhammadyah dan Dinas Kesehatan Kota Kupang ini, dalam rangka membangun kesadaran kolektif untuk melakukan pemberantasan penyebaran virus covid-19.

“Bagi kita kegiatan yang dilakukan ini merupakan kesadaran kemanusiaan yang tinggi dan kepedulian kita sesama umat manusia. Covid-19 adalah bencana kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah bumi ini. Dan ini sangat menggugah perasaan kita,” ujar Rektor 2 periode ini.

Terhadap kejadian ini, Rektor Zainur mengajak untuk tidak saling menyalahkan,saling menyudutkan satu sama lain, dengan epidemi covid-19 tetapu perlu membangun dan membangkitkan rasa kebersamaan kemanusiaan universal.

Rektor Zainur juga berharap, penanganan epidemilogi covid-19 segera dilakukan. Sehingga masyarakat kota kupang, masyarakat NTT dan masyarakat Indonesia dan seluruh masyarakat dunia bisa melakukan aktifitasnya seperti sedia kala.

Sementara itu, ketua Covid-19 Command Center Pimpinan Pusat Muhammadyah, Dr Agus Samsudin dalam sambutannya lewat Virtual mengatakan, Vaksinasi yang di adakan di Kampus Muhammadyah Kupang ini adalah vaksin ke 36 yang diselenggarakan oleh Muhammadyah covid-19 command center( MCCC). Ini adalah bentuk kepedulian perserikatan Muhammadyah kepada Bangsa Indonesia.

Agus Samsudin juga mengatakan, Ketua Umum PP Muhammadya sudah membantu bangsa Indonesia sebanyak 1 Triliun dalam menangani covid-19.

Dirinya mengajak semua harus bersatu padu untuk membantu pemerintah menyelesaikan persoalan pandemi covid-19, salah satunya dengan melakukan vaksinasi.

” Oleh karena itu, saya mengucapkan terimahkasih banyak kepada pusat krisis Kementrian Kesehatan RI yang diwakili oleh dr Widiana yang telah mensuport Muhammadyah dalam proses vaksinasi diberbagai tempat dan kita akan lanjutkan proses ini sampai akhir tahun”ujar Agus Samsudin.

Saat ini yang diperlukan adalah, Muhammadyah akan melakukan aktifitas penyuntikan vaksin ini hingga tahun depan. Karena vaksin ini menjadi salah satu iktiyah dari kita semua untuk bersama-sama mengakhiri pandemi covid-19.

Ketua Panitia penyelenggaraan Vaksin lintas Agama Muhammadyah, Ir Samsul Bahri, MM, saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan vaksin ini berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 11 – 13 Agustus 2021.

Adapun jumlah peserta yang divaksin kurang lebih 2.560 orang dari unsur lintas agama, mahasiswa dan juga masyarakat kota Kupang. Untuk jumlah Vaksin yang disiapkan sebanyak 4000 dosis atau 400 vial yang merupakan bantuan dari Kemenkes RI.

“Nanti yang akan kami gunakan di kampus ini kurang lebih 2.500 dosis dan sisanya akan di serahkan kepada pemerintah kota dalam hal ini Dinkes Kota Kupang untuk dilakukan di puskesmas- puskesmas. Karena untuk vaksin tahap satu kita di Kota Kupang masih kekurangan dalam jumlah yang besar,” pungkasnya.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *