Sambut 3 Momen HUT, KSP CU Serviam Luncurkan Program “Bulan Menabung Serviam”

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Dalam menyambut 3 momen Hari Ulang Tahun (HUT) Tahun 2021, KSP Credit Union (CU) Serviam terus berinovasi dan berkreasi untuk mensejahterakan anggotanya.

Salah satu gebrakan yang di lakukan KSP CU Serviam dalam rangka momentum  HUT Koperasi Nasional ke -74, HUT RI ke-76 dan HUT KSP CU Serviam ke-36, adalah “Bulan Menabung Serviam” dimulai dari tanggal 25 Juli -25 Agustus 2021.

Ketua Kopdit Serviam, Dr  Wara Sabon Dominikus, M.Sc  mengatakan hal ini saat di hubungi Media Nusa Flobamora lewat telepon Seluler, Selasa (3/8/2021).

Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Membangun Keswadayaan”  merupakan pilar dan prinsip kopdit yaitu dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota.

Di awal pembicaraan, Domi  sapaan akrabnya mengatakan, ide dan gagasan  terinspirasi dari Bapak Koperasi Bung Hatta di awal tahun kemerdekaan, di mana beliau mencanangkan program pekan menabung untuk meningkatkan modal koperasi.

“Tetapi untuk Serviam kita ambil bulan menabung. Saya mencoba melihat program ini dicetuskan dalam rangka momentum Hari Koperasi Nasional ke-74, HUT RI ke-76 dan puncaknya di HUT KSP Serviam yang ke-36. Sehingga kita coba membuat bulan menabung Serviam berhadiah dari tanggal 25 Juli-25 Agustus  2021,” ujarnya.

Domi menjelaskan, untuk bulan menabung Serviam ini ada sekian produk simpanan anggota, tetapi Serviam hanya mengambil 2 produk yaitu produk Simpanan pendidikan anak ( SIDANDAN) dan Simpanan pensiunan anggota (SIPENA).

Alasan kenapa hanya diambil Produk Sidandan dan Sipena, tambahnya, karena pada Juni 2021 lalu produk ini berkontribusi terhadap total simpanan anggota di bawah 5 persen dibandingkan dengan komposisi kontribusi dari produk simpanan lainnya seperti simpanan solidaritas, simpanan hari tua dan lainnya.

Ditanya Soal prosedur menabung dan juga hadiah yang akan di terima oleh anggota, Domi yang kesehariannya sebagai Dosen di salah satu Universitas di Kupang mengatakan,  menabung itu dilakukan secara tunai bukan memindahkan dari produk simpanan lain ke Sidandan atau Sipena. Artinya berapapun besar menabung dari tanggal 25 Juli -25 Agustus 2021 itu akan diberikan hadiah.

Menurut Domi, prinsip dari bulan menabung ini,  bukan  memindahkan dari simpanan  anggota yang ada pada prodak – prodak lain ke simpanan  sidandan dan Sipena. Karena dengan program bulan menabung serviam ini jelas ingin mendapatkan tabungan secara tunai untuk meningkatkan  sidandan dan sipena dari yang ada sekarang.

Adapun besar hadiah yang akan diterima anggota jelasnya, yaitu 20 persen dari yang disimpan tunai di Sidandan dan Sipena. Sidandan minimal simpanannya Rp 1 juta sedangkan Sipena minimal Rp. 100.000.

Di contohkan, menabung Rp 200.000 maka   20 persen dari Rp 200.000 yaitu Rp 40.000 itu bisa diberikan dalam bentuk voucher atau bisa juga ditabungkan.

Jadi semua mendapat hadiah bukan dalam bentuk doorprize atau tunai tetapi diberikan dalam bentuk voucher, berupa pulsa data, pulsa biasa, pulsa listrik atau pembayaran  jaringan Telkomsel atau TV dan sebagainya.

Atau hadiahnya bisa juga langsung ditabungkan pada prodak solidaritasa atau simpanan lainnya.  Dan transaksinya dilakukan melalui CuBizPay yang ada di Serviam.

Domi berharap dengan adanya Program Bulan Menabung Serviam ini,  anggota bisa memanfaatkan momentum ini. Artinya anggota menabung, anggota juga mendapat hadiah yang bisa menambah tabungannya.

” Kita apresiasi program ini, karena ini juga salah satu bentuk solidaritas lembaga dalam situasi pandemi covid-19 dan juga badai seroja yang menimpa anggota kita. Momentum ini juga sebagai niat atau sikap menghemat dengan tindakan nyata. Dengan bulan menabung Serviam secara tidak langsung mendidik anggota menabung untuk masa depan,” pungkas mantan Aktivis Kampus ini.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *