TNI dan Warga Amarasi Selatan Kompak Bangun Semangat  Gotong Royong

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Warga masyarakat Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama jajaran TNI dari Kodim 1604/Kupang, sangat kompak dalam membangun semangat gotong royong.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang berlangsung sejak 1980 masih terus dilaksanakan setiap tahunnya sampai dengan saat ini. Melalui TMMD diharapkan warisan nenek moyang dalam hal gotong royong tetap dipertahankan dan ditingkatkan dalam upaya membangun daerah ini.

Dandim 1604/Kupang, Kolonel  (Arh)  Abraham Kalelo menyampaikan  ini melalui  Komandan Koramil 1604-03/Amarasi, Kapten (Inf) . Lalu Yuli Ifnu Fajar kepada kalangan Media, Minggu (20/6/2021).

Dikatakan Kapten Lalu Yuli Ifnu Fajar bahwa Kodim 1604/Kupang setiap tahun  melaksanakan TMMD sesuai perintah pimpinan tertinggi. Sampai tahun 2021 ini  pelaksanaan TMMD sudah  ke-111.

Sebelum pelaksanaan TMMD, katanya, diawali dengan  survei bersama oleh tim gabungan baik dari Kodim 1604/Kupang juga jajaran  pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya.

Dikatakannya, untuk Kabupaten Kupang pelaksanaan TMMD dipusatkan di Kecamatan Amarasi Selatan pada tiga desa sasaran.

Pelaksanaan  TMMD di tiga desa ini, lanjut Kapten Lalu, guna  membangkitkan kembali semangat gotong royong masyarakat baik orangtua, orang muda, perempuan bahkan anak-anak ikut andil dalam kebersamaan membangun wilayahnya.

Kapten Lalu mengakui semangat kebersamaan gotong royong antar warga di Amarasi Selatan sangat  terlihat mulai dari hari pertama pembukaan TMMD  sampai saat ini,  semua pekerjaan dilakukan bersama-sama baik yang berat maupun yang ringan.

“Terlihat juga para ibu-ibu sibuk memasak untuk sajian sarapan, makan siang dan makan malam untuk anggota satgas dan masyarakat. Semua sangat kompak dan bahu membahu saling membantu,” kata Kapten Lalu.

Menurutnya,   dalam pelaksanaan TMMD, TNI tidak bekerja sendiri. TNI menggandeng banyak pihak terutama masyarakat setempat.

“Harapan saya semoga gotong-royong, semangat kebersamaan ini kita terus pelihara, nilai budaya gotong-royong terus kita hidupkan dalam membangun daerah Kabupaten Kupang. Hasil program TMMD ini semoga dapat bermanfaat secara maksimal dan menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Pada TMMD ke-111 dengan tema ‘Sinergi untuk Membangun Negeri’, Kehadiran TMMD untuk membantu pemerintah Daerah. Guna mendorong akselerasi pembangunan nasional hingga tersebar ke pelosok di beberapa kabupaten/kota se-Indonesia untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan riil masyarakat.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *