BBPP Kupang Hasilkan Permen Sapi, Suplemen Tambahan untuk Wujudkan Gizi Seimbang pada Ruminansia

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Kehadiran Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP) Kupang ditengah-tengah masyarakat khususnya di wilayah Nusa Tenggara Timur yang memiliki potensi besar di sektor peternakan, diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan dan kebutuhan masyarakat melalui karya dan inovasi sejumlah widyaiswara yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Pembaharuan Sumber Daya Manusia Pertanian masyarakat melalui pelatihan-pelatihan baik secara langsung maupun secara daring terus secara aktif dilaksanakan di BBPP Kupang.

Salah satu program pelatihan yang hingga saat ini terus dilaksanakan yakni program Bertani on Cloud (BOC) yang merupakan program yang diusung oleh Pusat Pelatihan Pertanian.

BOC sendiri merupakan program yang dihadirkan sebagai salah satu solusi agar pembaharuan SDM Pertanian masyarakat dapat terus dilakukan dalam tanpa terhalang kondisi apapun.

Dengan pelaksanaan pelatihan secara online, jumlah peserta yang dapat dijangkau juga lebih luas selain itu seluruh materi dengan tema yang menarik selalu tersedia di website sehingga masyarakat akan terus dapat mengakses materi-materi yang bermanfaat tersebut kapanpun dan dimanapun.

Menteri Pertanian Indonesia Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H, selalu mengingatkan tujuan pembangunan pertanian Indonesia yakni pemenuhan kebutuhan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia, Peningkatan kesejahteraan Petani dan Peternak serta Peningkatan ekspor produk pertanian ke luar wilayah Indonesia.

Kepala BPSDMP, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr dalam berbagai kesempatan kerap menyampaikan peran BPPSDMP dalam mendukung tujuan pembangunan pertanian Indonesia adalah melalui peningkatan kapasitas SDM Pertanian masyarakat.

Salah satu caranya adalah dengan pelaksanaan pelatihan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyediakan materi yang bermanfaat dan aplikatif bagi masyarakat khususnya petani dan peternak.

Dalam salah satu volume BOC, Widyaiswara asal BBPP Kupang, Marthen Leonard Ressie, SP, M.Si Mengusung judul Pembuatan Permen Sapi (Urea Mollases Block) sebagai pakan tambahan bergizi lengkap dan sekaligus dapat bermanfaat sebagai suplemen penambah nafsu makan pada ternak.

Latar belakang pemilihan judul ini didasarkan pada kondisi geografis wilayah NTT yang berada di wilayah lahan kering yang kerap mengalami kondisi kelangkaan pakan terlebih di musim kemarau.

Manfaat pemberian permen sapi bagi ternak ini adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi lengkap ternak itu sendiri sehingga terhindar dari gangguan akibat defisiensi nutrisi-nutrisi tersebut.

Dikarenakan permen sapi terbuat dari berbagai bahan sebagai sumber nutrisi bagi ternak yakni molasses sebagai sumber energi, urea sebagai sumber nitrogen yang akan membantu proses pencernaan pakan dalam rumen.

Serta bahan-bahan pengisi lainnya yang memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh ternak seperti tepung jagung, garam dan berbagai mineral lainnya.

. Dengan pemberian permen sapi secara rutin diharapkan keseimbangan jumlah nutrisi dalam tubuh ternak sapi dapat tercapai sehingga berbagai proses fisiologis tubuh ternak sapi tersebut dapat berjalan dengan baik dan peningkatan nafsu makan ternak dapat tercapai sehingga produktivitas ternak dapat ditingkatkan.

“Pembuatan Urea Mollases Block atau permen sapi ini sangat mudah namun memiliki manfaat yang sangat besar bagi ternak, BBPP Kupang telah membuktikannya sendiri sehingga kami harapkan masyarakat juga dapat segera mengaplikasikannya,” pungkas Marthen.(*/ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *