Maksimalkan Sektor Peternakan di NTT, BBPP Kupang Gelar Pelatihan Teknis Tematik Peternakan

KUPANG. NUSA FLOBAMORA— Demi peningkatan Sumber Daya Manusia Pertanian bagi masyarakat khususnya petani dan peternak, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang terus aktif melaksanakan berbagai jenis pelatihan.

Meskipun dalam kondisi yang sangat terbatas mengingat masih mewabahnya penyakit covid-19 di Indonesia bahkan di dunia.

Mengutip Rilis Berita BBPP Kupang yang diterima Media ini, Kamis (22/4/2021) disebutkan,  sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), BBPP Kupang terus berperan aktif dalam mewujudkan misi BPPSDMP.

Salah satunya adalah peningkatan kapasitas SDM Pertanian demi peningkatan kesejahteraan petani dan peternak.

Salah satu pelatihan yang saat ini sedang dilaksanakan adalah pelatihan teknis tematik bagi non aparatur di BPP Kuimasi Kabupaten Kupang . direncanakan untuk dilaksanakan selama 3 hari dengan tema pelatihan berkaitan dengan manajemen kesehatan dan reproduksi ternak sapi.

Pemilihan tema pelatihan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang berada di sekitar wilayah tersebut. Sehingga diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut, masyarakat khususnya petani dan peternak dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya untuk kemudian diaplikasikan secara langsung di lapangan.

Menghadirkan widyaiswara yang berkompeten dibidangnya masing-masing dari BBPP Kupang, diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat serta dapat menjadi pemecah masalah yang selama ini kerap dialami oleh peternak di daerah tersebut.

Menteri Pertanian Indonesia Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H dalam sebuah kesempatan pernah menyampaikan bahwa Provinsi NTT merupakan salah satu lumbung ternak sapi nasional dan merupakan salah satu penyuplai kebutuhan protein hewani terbesar di Indonesia.

Sehingga potensi sektor peternakannya harus terus dimaksimalkan melalui usaha-usaha peningkatan populasi dan produksi ternak.

Kepala BPPSDMP, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, di lain kesempatan menyampaikan bahwa untuk memaksimalkna peran NTT sebagai salah satu provinsi lumbung ternak di Indonesia.

Peningkatan dan pembaharuan SDM pertanian masyarakat merupakan hal penting yang harus diperhatikan demi tercetaknya peternak yang unggul, maju dan modern dalam mengelola sektor peternakan di NTT.

Kepala BBPP Kupang, drh. Bambang Haryanto, MM yang hadir dalam pembukaan pelatihan menyatakan bahwa kehadiran BBPP Kupang ditengah-tengah masyarakat NTT diharapkan dapat memberikan manfaat sebesarnya-besarnya bagi masyarakat demi mendukung kemajuan sektor peternakan di NTT dan di Indonesia secara luas.

“NTT sebagai Provinsi dengan potensi peternakan yang baik harus terus dimaksimalkan untuk dapat mendukung tujuan pembangunan pertanian Indonesia yang salah satunya adalah terpenuhinya kebutuhan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar  Bambang.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa melalui peningkatan SDM Pertanian untuk menghasilkan petani maupun peternak yang maju, madiri dan modern, melek teknologi serta terus berinovasi melakukan perubahan-perubahan yang bermanfaat.

Dikatakan Bambang, tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia yakni pemenuhan kebutuhan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia, peningkatan kesejateraan petani dan peternak serta peningkatan ekspor produk pertanian keluar wilayah Indonesia dapat terwujud.(*/ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *