Kartini Sejati Adalah Perempuan Yang Tidak Lupa Kodratnya

RADEN Ajeng Kartini dengan bukunya, “Habis Gelap Terbitlah Terang” adalah pejuang pembela hak- hak kaum perempun. RA Kartini dinobatkan sebagai tokoh nasional dan sebagai pahlawan yang gigih memperjuangkan emansipasi wanita.

RA Kartini adalag  sosok wanita yang mempelopori kesetaraan derajat antara perempuan dan laki-laki. Untung mengenang jasa RA Kartini setiap tanggal 21 April, diperingati kaum perempuan sebagai hari Kartini.

Salah satu Kartini muda saat ini adalah, Karolina Maria Jeni Manbait, SI.Kom, yang kini dipercayakan sebagai Branch Manager Bank Cimb Niaga.

Saat di jumpai di tengah kesibukannya, Senin ( 19/4/2021), Jeni mengucapkan terimah kasih kepada RA Kartini. Karena berkat perjuangannya sehingga  saat ini kaum perempuan sudah bisa merasakan kebebasan dalam menempuh dunia pendidikan, ekonomi dan lainnya.

Menurut Jeni, berkat perjuangan Kartini, prosentase perempuan dibanding dengan laki-laki bisa setara, apa lagi di sektor perekonomian, perempuan karena kegigihannya bisa mendapat posisi strategis.
Merupakan satu kebanggaan baginya dengan  pencapain yang luar biasa ini.

Ditanya soal sosok Kartini saat ini, perempuan kelahiran 1987 ini mengatakan, Kartini sejati itu, tidak akan melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan itu sendiri.

Bisa menempatkan diri sebagai sosok yang begitu manis, yang begitu hangat dalam sebuah rumah tangga.

Tapi perempun juga harus bisa jadi faighter,  bisa jadi pribadi kuat, berkarakter dan profesional.

“Saya ibaratkan perempuan itu sebagai sandaran dalam keluarga. Menurut saya Kartini masa kini adalah perempuan di rumah sebagai pelindung, penopang dalam keluarga, tetapi bisa juga berkarir di luar rumah, bukan berarti kita remehkan laki-laki, perempuan juga bisa bekerja di luar rumah, asalkan tidak lupa akan kodratnya sebagai seorang istri dan juga ibu,” tuturnya.

Jeni yang merukana lulusan Sarjana Komunikasi ini menambahkan, bicara emansipasi, bukan berarti perempuan mau ambil peran sebagai laki-laki. Tetapi  bersama-sama kaum lelaki tetap mengedepankan sisi feminimnya, tetapi tetap menjadi perempuan yang strong juga.

Soal bagaimana perannya sebagai seorang Branch Manager Bank Cimb Niaga, Jeni yang punya motto hidup “Semangat, stay positif dan andalkan Tuhan dalam setiap karya hidup” berpendapat, selama 9 tahun berjuang di dunia perbankkan bukanlah hal yang mudah.

Sebagai perempuan dirinya harus menjadi contoh yang baik untuk sesama kaumnya maupun laki-laki yang dipimpinnya.

“Saya juga masih belajar dan saya sadar masih banyak kekurangan tetapi sebagai manusia, walaupun kita ada kurang tetapi kita harus bisa memotivasi diri dan diberikan hikmat, setidaknya kita juga memiliki hal-hal baik. Dalam pekerjaan, saya selalu bertanggung jawab atas setiap tugas yang saya emban,” pungkas perempuan berparas cantik ini.

Di hari Kartini, 21 April 2021 ini,  Jeni berpesan untuk perempuan- perempuan tangguh di luar sana, jadilah Kartini-Kartini sejati tanpa melupakam kodratnya, tetap punya harapan, tetap punya semangat untuk bangkit dan menjadi perempuan hebat.( ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *