Penuhi Syarat Bantara, Pramuka Gugus Depan SMAN 9 Kupang Gelar Baksos

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Sekitar puluhan anak-anak Pramuka Gugus Depan 143-144 SMAN 9 Kupang menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos). Baksos ini sebagai syarat bagi anak Pramuka sekolah ini untuk bisa dilantik menjadi Bantara.

Adapun tujuan dari baksos ini diharapkan kelak anak-anak Pramuka Bantara ini dapat membentuk rasa solidaritas dan tali persaudaraan diantara anggota.

Pembina Pramuka SMAN 9 Kupang, Adelgina Tanesib mengatakan hal ini saat diwawancarai di Aula Sekolah ini, Selasa (30/3/2021).

Dikatakan Adelgina bahwa kegiatan baksos  yang dilakukan di lingkungan SMAN 9 Kupang ini,  sebagai salah satu syarat bagi anak-anak pramuka SMAN  9 agar bisa di lantik menjadi  Bantara.

Menurut Adelgina,  kegiatan ini diadakan guna membentuk rasa solidaritas dan mempererat tali persaudaraan di antara mereka. Kegiatan baksos inipun agar mereka bisa saling bersosialisasi dan saling memberikan usul, saran maupun pendapat agar bisa membangun kepramukaan di SMAN 9 Kupang.

Ditambahkannya,  menjadi anak-anak pramuka tentu melatih diri yang berjiwa pemimpin dan bisa memimpin serta mengajarkan ilmu-ilmu yang telah di dapat dan diterima dari pembinanya.

“Dilakukannya kegiatan bakti sosial yang melibatkan anak pramuka ini bertujuan agar mengasah keterampilan anak-anak pramuka agar berjiwa kesatria dan kuat bila diberikan tantangan maupun ujian-ujian yang akan diberikan oleh  pembina mereka,” jelas Adelgina.

Dijelaskan Adelgina bahwa dengan diadakan kegiatan tersebut anak-anak menjadi mandiri dan semakin terlatih tidak hanya fisiknya tapi keperibadianya juga harus baik.

“Mereka bisa saling bertukar pendapat dan memberikan usulan bagaimana caranya agar bisa membangun kepramukaan yang lebih dikenal oleh masyarakat dan tidak memandang sebelah mata anak-anak pramuka,” pungkasnya.(RIO).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *