BBPP Kupang Tawarkan Solusi Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Pandemi Covid-19 saat ini tingkat penyebarannya belum berakhir. Pemerintah mengimbau semua warga agar selalu menjaga imunitas tubuh serta selalu mengikuti himbauan dengan menaati protokoler kesehatan (Prokes).

Pada masa Pandemi ini, kelor tanaman Ajaib  bisa  diolah menjadi makanan Bergizi oleh Widyaiswara Kupang dibawa BBPP Kupang. Tanaman kelor diolah guna meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu Instruktur Bidang Pasca Panen dan Pengolahan hasil ternak dan pertanian di Widyaiswara pada Balai Besar Penyuluh Pertanian (BBPP) Kupang, Ir Wiwiek Yuniarti Costa, M.Si mengatakan ini saat ditemui di ruang kerjanya pekan lalu.

Dijelaskan Wiwiek,  tanaman kelor atau nama latinnya,” Moringa Oleifera” ini tergolong tanaman tahunan yang biasa tumbuh liar. WHO mengakui tanaman kelor adalah tanaman ajaib.

Dimasa pandemi covid-19 tanaman kelor bisa dijadikan aneka makanan yang nilai gizinya sangat lengkap untuk menjaga imun tubuh.

Dijelaskan bahwa dirinya bertugas untuk membina kelompok wanita tani maupun petani untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha tani di bidang pengolahan.

Salah satunya adalah pengolahan kelor untuk di jadikan aneka makanan bergizi untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi ini.

Dikatakan Wiwiek, di era pandemi pelatihan berkurang dikarenakan harus mentaati Protokol kesehatan dan yang dilatih tidak seperti tahun- tahun lalu, tetapi dimasa ini, cukup 10 orang saja.

” Saya berpikir apa yang akan di lakukan untuk menigkatkan imun tubuh, karena dimasa pandemi ini orang lagi giat- giatnya meningkatkan imun tubuh. Sementara kita tahu yang namanya kelor itu adalah tanaman ajaib, karena nilai gizinya super lengkap, mineral maupun vitamin,”  tuturnya.

Dari situlah dirinya berpikir ingin membuat satu inovasi dan prodak dari kelor, wiwiek mengajarkan bagaimana cara membuat mie kelor, nugget kelor dan juga bakso kelor, selain bahan bakunya mudah di dapat dan cara mengolahnya juga dapat dapat dipahami.

“Jadi cara membuat bakso dan nugget kelor ini, saya sudah ajarkan ditingkat nasional. Karena kami bertani ” on claut” kegiatan dari pusat, kami mengajar dengan kompetensi masing- masing. Saya juga buat pudding kelor dan brownis kelor,” jelasnya.( ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *