BBPP Kupang Bersama Tim E-Learning Puslatan Laksanakan Pelatihan Virtual

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang bersama dengan tim E-Learning Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Kementerian Pertanian, melaksanakan pelatihan virtual dengan judul Kalender reproduksi solusi sapi beranak setiap tahun.

Program E-Learning Puslatan sendiri merupakan Program pelatihan secara virtual yang rutin dilaksanakan setiap hari selasa dan kamis pukul 08.00 WIB dan telah rutin dijalankan sejak pertengahan tahun 2020.

BBPP Kupang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Puslatan telah berkontribusi aktif memberikan pelatihan secara virtual dengan judul-judul yang menarik dan inovatif terlebih dalam mengisi masa pandemi covid-19.

Pemilihan judul Kalender Reproduksi sebagai Solusi Sapi Beranak Setiap Tahun sebagai tema dalam e-learning volume ke 77 ini adalah untuk ,menjawab permasalahan yang kerap dialami oleh peternak.

Dimana mereka kesulitan melakukan pengamatan terhadap tanda-tanda atau gejala pada setiap siklus reproduksi ternak sapi, serta waktu yang dibutuhkan oleh setiap fase dalam siklus reproduksi. Sehingga produktivitas ternak yang dimiliki tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Kepala BBPP Kupang drh Bambang Haryanto, MM dalam sambutan saat membuka pelatihan ini, Selasa ( 7/2/2021) menyampaikan, judul yang diangkat dalam pelatihan ini sangat menarik terutama bagi peternak karena dengan adanya kalender reproduksi ini peternak sangat terbantu dalam menentukan waktu yang tepat untuk ternak dapat dikawinkan dan sebagainya.

“Pemanfaatan inovasi kalender reproduksi ini juga bisa membantu peternak dilapangan untuk menentukan waktu yang tepat dilakukan inseminasi buatan maupun kawin alam, sehingga produktivitas ternak dapat dimaksimalkan” katanya.

Bertindak sebagai narasumber utama Rip Krishaditersanto, S.Pt, M.Si yang merupakan Widyaiswara asal BBPP Kupang dibantu oleh tim penanggung jawab divisi produksi ternak.

Dalam penjelasannya Krishaditersanto mengatatakan, pemanfaatan kalender reproduksi secara mendetail dimulai dari contoh penentuan tanggal birahi hingga kemungkinan sapi bisa dikawinkan, perkiraan waktu partus serta perkiraan waktu sapi dapat dikawinkan kembali pasca partus.

Menurutnya, Kalender reproduksi ini merupakan adaptasi dari kalender reproduksi yang umum digunakan pada manusia, namun jika dimodifikasi sedemikian rupa kalender ini dapat digunakan tidak hanya untuk menentukan waktu yang tepat dalam siklus reproduksi ternak sapi.

Namun dapat juga digunakan pada hewan-hewan yang lain sehingga semakin memudahkan peternak dalam menentukan tindakan-tindakan yang akan dilakukan pada ternak, tujuannya untuk peningkatan produksi peternakan di Indonesia dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Pemanfaatan Kalender reproduksi dimaksud untuk peningkatan produktivitas peternakan di Indonesia, selain itu juga mendukung program utama Kementerian Pertanian yakni Sikomandan atau Sapi Kerbau Komoditas andalan Negeri yang diluncurkan langsung oleh Menteri Pertanian DR. H. Syahrul Yasin Limpo SH, M.Si.

BBPP Kupang sebagai salah satu lembaga pelatihan di bawah Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mendukung secara penuh program-program utama kementerian pertanian salah satunya dengan mengembangkan SDM Pertanian melalui pelaksanaan pelatihan-pelatihan baik secara langsung maupun secara virtual.

Kepala BPPSDMP Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr dalam berbagai kesempatan sering menyampaikan bahwa BPPSDMP mendukung penuh tujuan pembangunan pertanian Indonesia seperti yang selalu disampaikan oleh menteri pertanian yakni menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa penduduk Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan Petani melalui berbagai program utama Kementerian Pertanian salah satunya Sikomandan.(*/ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *