Kemendikbud RI Launching Sekolah Penggerak tahun 2021

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Tahun 2021 ini sudah melaunching ” Sekolah Penggerak”. Tujuannya untuk menjadikan salah satu sekolah sebagai projeck untuk beberapa sekolah yang ada di sekitarnya.

Kepala sekolahnya akan melakukan serangkaian tes, setelah itu akan di lakukan pendampingan selama 7 bulan, dan ilmu yang didapat akan di berikan kepada sekolah-sekolah di dalam Kabupaten tersebut.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTT melalui Koordinator Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan, Kolekta Keu, S.Pd., M.Hum mengatakan hal ini di ruang kerjanya, Senin  (8/2/2021).

Dijelaskannya bahwa, Tahun 2021 Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI sudah melaunching sebuah program yang dinamakan sekolah penggerak.

Sekolah penggerak ini di Indonesia sebanyak 111 Kabupaten/Kota yang mendapatkan jatah kuota Tahun 2021.

Sementara di NTT sendiri kata Kolekta, mendapatkan 5 kuota yaitu, Kota Kupang, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Tengah.

Menurutnya, Kabupaten/ Kota yang sudah mendapatkan kuota di Tahun 2021 sudah dilakukan koordinasi dengan Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur melalui Wakil Gubernur NTT.

Sementara di 5 Kabupaten/Kota sudah ada testimoni sekolah penggerak ini dari Walikota dan Bupati dan semuanya sudah selesai.

” Hari ini Insya Allah kita sudah bisa kirim ke Kementrian untuk ditanda tangani. Sementara dari Kabupaten /Kota Bupati dan Walikota juga sudah ditanda tangani. Sedangkan untuk pembiayaan sekolah penggerak tahun 2021 adalah murni dari APBN” ” ungkapnya.

Yang akan didapatkan dari progrm ini jelas Kolekta, pertama harus mampu untuk melangkah, misalkan tahap pertama, sekolah tersebut berada di posisi 1 sesuai dengan hasil pendataan dari kantor pusat, di tahun berikutnya sekolah tersebut harus bisa lebih berada di posisi 2 atau bahkan 3.

Ini sudah menjadi mekanisme penilaian yang di desain oleh Kementrian. Dirinya berharap, dari program sekolah penggerak ini laju  pendidikan  harus cepat dari yang sebelumnya.

Mempercepat untuk memperoleh skill atau kemampuan dasar yang di miliki oleh peserta didik, dengan desain yang sudah di skenario oleh tim panelnya di sekolah penggerak.( ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *