KSP CU Serviam Siap Menggelar Pra RAT 2020

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Manajemen KSP Credit Union (CU) Serviam akan menggelar Pra Rapat Anggota Tahunan ( RAT) tahun buku 2020 pada tanggal 30-31 Januari 2021 berdasarkan hasil rapat Manajemen dan Pengurus KSP CU Serviam.

Pra RAT ini sedianya  berlangsung dari tanggal 23 -24 Januari 2021 tetapi karena ada surat edaran dari Walikota Kupang tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) maka  Pra RAT tersebut ditunda.

Hal ini disampaikan, Wakil General Managemen KSP CU Serviam, Apolonaris Ola Ama, SE saat ditemui di ruang kerjanya, Senin ( 25/1/2021). Turut hadir Ketua Pengurus KSP Serviam Petrus Ratu.

Dikatakan Apolo, Agenda Pra Rat ini setiap tahunnya diadakan, dikarenakan pandemi covid -19 yang melanda seantero dunia, maka Pra RAT yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai 24 Januari 2021 tapi karena ada surat dari Walikota Kupang tentang PPKM maka Pra Rat ditunda.

Rencananya akan dilaksanakan tanggal 30 -31 Januari 2021 sesuai hasil rapat yang diadakan oleh Manajemen dan Pengurus Serviam.

Apolo juga menjelaskan, Tahun 2020 Pra RAT ini dilaksanakan per-kantor cabang pembantu dan diadakan sampai 31 kali Pra RAT. Tetapi tahun 2021 direncanakan Pra RAT-nya perkantor cabang, jadi 1 kantor cabang 1 kali dan pesertanya utusan dari setiap kantor cabang pembantu dan jumlah personilnya juga dibatasi yaitu 50 orang dalam bentuk pra RAT cabang.

” Awalnya kita bermaksud mengadakan pra RAT ini secara virtual, tapi kami berpikir bahwa pra RAT ini diadakan setahun sekali, maka pra RAT ini kami tunda waktunya dengan maksud bisa bertatap muka langsung sekalipun dalam jumlah yang terbatas,” jelasnya.

Ditanya Soal persiapan jelang pra RAT dan RAT tahun 2021, dirinya mengatakan, berbagai persiapan sudah cukup matang dari segi laporan, tinggal tunggu pelaksanaanya saja.

Dari hasil tahun 2021 ini kondisi memang agak sulit, tetapi Serviam punya semangat yang luar biasa, untuk jasa anggota ada peningkatan. Tahun 2020 di bayar 8 Persen pertahun tetapi tahun 2021 ini naik menjadi 8, 5 persen.

” Saya berharap kepada anggota, lembaga ini adalah milik kita bersama dan anggota harus menjaganya dengan baik. Sekalipun dimasa sulit saat ini, anggota setidaknya bisa membayar kewajibannya agar lembaga ini tetap berjalan sesuai dengan harapan kita semua” pintanya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Pengurus KSP CU Serviam, Petrus Ratu mengatakan hal senada. Dikatakannya bahwa Pra RAT yang sedianya di selenggarakan pada tanggal 23-24 Januari 2021 tetapi karena ada aturan dari Pemerintah Kota Kupang tentang PPKM maka direncanakan tanggal 30 -31 Januari 2021 berdasarkan hasil rapat yang akan dilaksanakan.

Petrus dalam wawancaranya mengatakan, persiapan RAT itu adalah amanah Anggaran Dasar( AD ) dan Anggaran Rumah tangga ( ART) tertuang dalam UU no 25 tahun 1992 yaitu pertanggung jawaban pengurus, pengamat kepada anggota setiap 1 tahun sekali waktunya 31 Desember tahun buku.

“Kami memang berniat mengadakan pra RAT secara virtual, tetapi kami ingin langsung bertatap muka dengan para anggota dengan selalu mengindahkan aturan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak makanya kami batasi anggotanya sesuai aturannya. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemda kabupaten TTS, TTU, Belu, Malaka dan Kota Kupang dimana Kantor Cabang kami berada,”  ungkapnya.

Soal capaian KSP CU Serviam untuk tahun 2021 Petrus mengatakan, Aset yang dimiliki oleh Serviam cukup lumayan sekalipun diterpa pandemi covid-19.

Pendapatan serta beban biaya cukup baik. Anggota dalam pembayaran pokok dan bunga pinjaman hasilnya lumayan.

“Untuk itu kami ucapkan terimah kasih kepada anggota, sekalipun dalam masa sulit tapi target Serviam bisa tercapai. Sisa usahanya 50 Persen kita kembalikan kepada anggota sesuai dengan besar simpanannya,” katanya. ( ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *