Dua Kabupaten/kota di NTT Dipastikan Perdana Lakukan Vaksinasi

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Kepala Dinas Kesehatan NTT, dr. Mesarasi Ataupah memastikan dua kabupaten di NTT yakni Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dipastikan melakukan vaksinasi perdana. Vaksinasi ini nanti tahap awal untuk tenaga kesehatan dan selanjutnya untuk jajaran TNI-Polri juga Aparatur Sipil Negara (ASN).

Saat ini Vaksin Corona yang dikirim dari Kementerian Kesehatan RI telah tiba di Kupang dan masih disimpan di Gudang UPT Pengelolaan Obat, Vaksin dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTT sebanyak  13.200 dosis.

Meserasi Ataupah kepada Wartawan di Kupang, Senin (11/01/2021) mengatakan, pemerintah Provinsi NTT berencana akan melakukan vaksinasi massal tahap pertama terhadap 6.600 tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas sebagai garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di fasilitas kesehatan di NTT.

Vaksinasi akan dilaksanakan, katanya,  setelah kesiapan tenaga vaksinasi dan cold chain di tingkat daerah disiapkan dengan baik. Untuk sementara ini, dua kabupaten/kota dipastikan sudah siap yakni Kota Kupang dan Kabupaten Kupang yang nantinya diperuntukan vaksinasi perdana kepada tenaga kesehatan.

Untuk kabupaten lain, lanjutnya, akan menyesuaikan setelah daerah bersangkutan telah mempersiapkan semuanya secara baik. Vaksin untuk kebutuhan vaksinasi di NTT sudah siaga dan tinggal didroping ke kabupaten di NTT.

“Saat ini Vaksin sebanyak 13.200 dosis disimpan  sementara di Gudang UPT Pengelolaan Obat, Vaksin dan Perbekalan Kesehatan. Vaksin tersebut sangat sensitif sehingga penyimpanan harus dilakukan dengan baik. Penyimpanan vaksin tersebut ditempatkan pada cold chain dengan suhu antara 2-8 derajat celcius,” katanya.

Mantan Pejabat Sementara Bupati Malaka ini juga menginformasikan bahwa ada  400 tenaga vaksinator dari seluruh NTT sedang disiapkan untuk melaksanakan vaksinasi massal. Mereka mengikuti pelatihan secara daring. Pelatihan tahap pertama terhadap 200 tenaga vaksinator sudah dilaksanakan pada tanggal 7-9 Januari 2021.(*/ER).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *