Musholla At Taqwa di Lingkungan Makodim 1613/Sumba Barat Diresmikan

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Komandan Kodim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Irawan Agung Wibowo, ST, M.Tr (Han) meresmikan Musholla At Taqwa yang berdiri di lingkungan Makodim 1613/Sumba Barat Jalan Gajah Mada Waikabubak, Selasa (29/12/2020).

Acara diawali dengan penampilan ibu-ibu Persit KCK Cabang XVIII Dim 1613 dalam Rebana At Taqwa, pemotongan pita, pembukaan papan nama musholla dan dilanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah sekaligus doa bersama.

Acara diakhiri dengan ramah tamah atau makan siang seluruh tamu undangan dan prajurit dan PNS Kodim.

“Saya bersyukur dan bangga sekali bisa bersama sama dengan seluruh prajurit dan PNS Kodim 1613/Sumba Barat serta Toga/Tomas Waikabubak meresmikan Musholla ini. Musholla ini berukuran 8 m x 7 m yang merupakan swadaya kita semua. Musholla ini hadir dari kita untuk kita dan oleh kita,” kata Dandim.

Lanjut Dandim Letkol Czi Irawan Agung Wibowo, Musholla ini wujud jiwa korsa seluruh prajurit dan PNS serta wujud Sinergitas TNI dengan masyarakat yang bekerja sama dan bahu membahu sehingga terwujud bangunan musholla ini.

Dandim mengaku, sejak resmi menjabat yaitu pada pertengahan bulan Agustus 2020, dirinya melihat Makodim belum mempunyai tempat ibadah.

Untuk itu seminggu setelah menjabat, dengan berbekal semangat dan keikhlasan serta saran dari prajurit dan PNS Kodim akhirnya Dandim bertekad untuk membangun Musholla tersebut.

“Alhamdulillah pada hari ini musholla bersama sama kita resmikan. Tugas kita selanjutnya adalah memakmurkan musholla ini untuk digunakan sebagai pusat kajian dan tempat kegiatan keagamaan yang dapat mempertebal keimanan prajurit serta PNS Kodim 1613/SB,” pesannya.

Dirinya mengingatkan agar jangan hanya sebagai pajangan fisik saja tetapi harus kita manfaatkan bagi kepentingan seluruh prajurit dan PNS khususnya yang beragama Muslim.

“Saya juga apresiasi setinggi-tingginya kepada prajurit yang beragama Nasrani dan Hindu yang turut serta membangun Musholla At Taqwa,” tandasnya.

Hal ini, kata Dandim, merupakan wujud jiwa korsa dan toleransi yang tinggi diantara prajurit/PNS Kodim 1613/SB.

Begitu juga sebaliknya pada hari -hari tertentu prajurit yang beragama Islam melaksanakan kerja bakti di gereja atau Wihara. Perbedaan yang ada bukan untuk melemahkan, tetapi karena perbedaan tersebut harus dijadikan tonggak untuk bersatu. TNI akan kuat kalau bersatu, toleransi dan sinergitas dengan seluruh komponen anak bangsa.

Hadir dalam peresmian musholla adalah Staf Pemda Sumba Barat, Kepala Kementrian Agama Sumba Barat, Ketua MUI Sumba Barat, Imam Masjid Agung Sumba Barat, Kepala Pengadilan Agama Sumba Barat, Kepala BRI Sumba Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Sumba Barat serta seluruh Prajurit dan PNS Kodim 1613/Sumba Barat.(*/ER)..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *