Dukung Program PMD Kuimasi, BPTP NTT Gelar Bimtek Budidaya Ayam KUB

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTTpada Kamis (10/12/2020) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Bimtek ini dimaksudkan dalam upaya mendukung program pemberdayaan masyarakat di Desa Kuimasi, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang.

Bimtek ini berlangsung di Aula Kantor Desa Kuimasi yang dihadiri oleh Kepala Desa Kuimasi yang diwakili Sekretaris Desa, Antonius Tamelab, Kepala BPTP NTT yang diwakili oleh Kepala Seksi Kerja sama Pelayanan Pengkajian (KSPP), Ir. Irianus Rejeki Rohi, M.Si, peneliti penyuluh BPTP NTT, serta perwakilan dari masing-masing kelompok pemberdayaan masyarakat sebanyak 48 orang.

Antonius Tamelab, mewakili Kepala Desa Kuimasi dalam sambutannya memberikan semangat dan motivasi kepada kelompok pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) yang bertujuan sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga masyarakat desa Kuimasi.

Menurutnya, program anggaran desa dalam pembagian ayam KUB ini meliputi: 1 (satu) boks DOC ayam KUB beserta pakan, vitamin, obat-obatan, tempat pakan, tempat minum, dan kandang.
Bantuan ini dibagikan ke 16 kelompok pemanfaat. Kelompok pemanfaat adalah anggota pemberdayaan masyarakat per rukun tetangga, dalam 1 (satu) kelompok terdiri dari 10 (sepuluh) orang.

Program pemberdayaan masyarakat ini di bawah koordinasi Tim Pengelola Kegiatan (TPK) desa Kuimasi. Monitoring dan evaluasi dilakukan selama program ini berjalan, seperti jika ada ayam yang sakit, mati atau dijual wajib melaporkan ke Tim Pengelola Kegiatan (TPK).

Kepala BPTP NTT yang diwakili oleh Ir.Irianus Rejeki Rohi, M.Si, saat membuka acara Bimtek menjelaskan bahwa BPTP NTT sebagai penyedia bibit sumber DOC sebanyak 16 boks akan mendukung program pemberdayaan masyarakat.

Serta pengembangan diseminasi inovasi teknologi pertanian dalam hal ini adopsi teknologi budidaya ayam KUB. Acara lanjutan lain berupa Bimbingan Teknis Budidaya Ayam KUB.

Dalam Bimtek ini, dimoderatori oleh M Rumbory, dan pemaparan materi oleh tim narasumber ayam KUB dari BPTP NTT, yaitu Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, Ir. Ati Rubiati, M.Si, Ir. Medo Kote, M.Si, dan Yanuar Achadri, S.Pt, M.Sc.

Pemaparan materi bimtek dijelaskan mulai manajemen pemeliharaan ayam KUB dari DOC sampai afkir, manajemen perkandangan, manajemen pakan, manajemen penetasan, manajemen kesehatan, manajemen pemasaran, dan analisis ekonomi. Acara dilanjutkan diskusi, peserta bimtek sangat aktif dalam mengikuti kegiatan sampai selesai.

Harapan ke depan setelah kegiatan Bimtek, anggota kelompok pemberdayaan masyarakat desa Kuimasi ingin mengembangkan ayam KUB menjadi kawasan desa penghasil sumber bibit ayam KUB di NTT dalam menunjang program pemerintah untuk mensejahterakan peternakan rakyat, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani peternak dan populasi ayam KUB di NTT.(*/ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *