Apa Itu Food Loose Dan Food Waste? Simak Beritanya

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Menurut Direktur dan peneliti bidang ekonomi agribisnis IPB Bogor, Arief Daryanto PHD menyatakan, food loose adalah sampah yang berasal dari sayuran, buah-buahan atau makanan yang masih mentah namun sudah tidak bisa diolah menjadi makanan dan akhirnya dibuang, sehingga menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan bahan makanan untuk memasak.

Sedangkan Food Loose ( Kehilangan makanan) adalah makanan yang hilang sebelum sampai ketangan konsumen. Kehilangan terjadi saat makanan dalam tahap pengolahan/ distribusi.

Food waste ( sampah makanan) adalah kehilangan makanan yang terjadi pada tahap konsumen.

Hal ini dijelaskan Maria K. Tuames, SP dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, saat memberikan materi kampanye Food Loose dan Food Waste di Halaman Kantor Walikota Kupang, Jumad( 13/11/2020)

Dikatakan Maria, bahwa kegiatan kampanye ini, ingin mengedukasi masyarakat ” Ayo kita bijak” dalam membeli makanan, memasak makanan dan menghabiskan makanan dan jangan ada yang disisahkan.

Membeli sesuai kebutuhan, memasak sesuai kebutuhan dan yang di sukai seluruh keluarga serta tidak menyisahkan.

Dirinya mengungkapkan, sebagian masyarakat Indonesia merupakan golongan konsumtif tidak hanya lapar mata dalam hal membeli barang, namun juga gemar menyisahkan/ membuang makanan.

Terbukti saat ini Indonesia berada di urutan kedua terbesar sebagai negara pembuang makanan. Produksi limbah makanan meningkat sebesar 10 persen pada 10 hari pertama di bulan puasa.

Menurut Maria, penyebab Food Loose dikarenakan tidak menghabiskan makanan, makan tidak sesuai dengan porsi makanan, membeli atau memasak makanan yang tidak disukai, gaya hidup gengsi menghabiskan makanan di depan orang ramai.( ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *