Cegah Narkoba di Kalangan Milenial, BNN NTT Luncurkan Aplikasi REAN.ID

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTT terus berkreatif dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda (milenial) NTT. Strategi yang dilakukan adalah memperkenalkan aplikasi yang diberi nama REAN.ID.

Aplikasi REAN.ID diibaratkan rumah orang muda untuk berkreasi dalam menyampaikan informasi atau mempromosikan bahaya narkoba dengan sasaran anak muda sebagai generasi bangsa. Generasi muda milenial diajak untuk berkreasi tanpa narkoba.

Hal ini disampaikan Kabid P2M BNNP NTT, Hendrik J. Rohi, pada acara TalkShow dengan  tema “Berkreasi Tanpa Narkoba dengan REAN.ID” di Hotel Neo Aston Kupang, Selasa (27/10/2020). Peserta yang dihadirkan, kaum milenial mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan juga para wartawan.

Dikatakan Hendrik, REAN.ID merupakan aplikasi dari BNN sebagai sebuah program strategis dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada generasi muda NTT.

Menurutnya, REAN.ID merupakan rumah orang muda untuk berkreasi dalam menyampaikan informasi atau mempromosikan bahaya narkoba dengan sasaran anak muda sebagai generasi bangsa.

Ditekankan Hendrik bahwa apabila generasi muda hancur karena narkoba bisa menjadi tantangan masa depan negara. Karena itu aplikasi ini sebagai media informasi dan edukasi.

Menurut dia, pada era milenial sekarang banyak informasi media sosial yang berisikan konten negatif. Termasuk masalah narkoba yang bisa menghasut generasi muda bisa cepat percaya.

Padahal, lanjutnya, informasi itu banyak hoaksnya. Informasi yang benar adalah data yang telah diolah untuk diambil kesimpulannya, mengungkapkan fakta yang dapat dipercaya.

Karena itu, sebut dia, aplikasi REAN .ID atau yang merupakan akronim dari Rumah Edukasi Anti Narkoba digelar dalam talkshow diharapkan wartawan yang hadir dapat menjadi komponen kekuatan untuk memberikan informasi yang baik, benar sebagai bentuk edukasi.

Sementara itu, Markus Raga Djara, Kepala Seksi bidang Pencegahan  BNNP NTT mengatakan, REAN. ID dengan tagline#sidengan karya# menjadi pengalihan remaja maupun milenial dalam mengisi waktu luangnya agar terhindar dari hal-hal negatif , dimana  penyalahgunaan narkoba ada didalamnya  dan sangat rentan pengaruhnya.

“Kita berharap dengan adanya aplikasi ini, generasi muda bisa mengajak rekan -rekannya yang lain dan dimana saja berada, untuk bagaiman membantu untuk melakukan pencegahan. Hal ini yang kita coba tawarkan, karena generasi muda itu paling gampang di goda dengan berbagai aplikasi,” katanya.

Markus berharap dengan adanya webside ini, kegiatan sehari-harinya dengan hal yang positif. Karena didalamnya juga ada berbagai kegiatan yang bermanfaat termasuk ada lomba membuat vidio dan generasi muda bisa mengikutinya.

“Jadi inilah yang kita coba Launching, karena web ini sangat bermanfaat terutama untuk generasi muda, karena generasi muda sangat potensial,” jelasnya.

Dikatakannya, hasil survey tahun 2019, angka tertinggi ada pada generasi muda hampir 24 persen adalah penyalahgunaan narkoba. Dengan adanya webside ini, generasi muda bisa berekspresi dengan baik.( ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *