Ketua DPRD Sumba Tengah Pimpin Tim Berkunjung ke Kabupaten Kupang

OELAMASI. NUSA FLOBAMORA— Ketua DPRD Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  Tagela Ibisola memimpin tim Dewan berkunjung ke Kabupaten Kupang. Maksud kedatangan Dewan ini dalam rangka sharing informasi pembangunan.

Kalangan DPRD Kabupaten Sumba Tengah sangat tertarik dengan kegiatan Pertanian dan peternakan di Kabupaten Kupang, juga ingin belajar soal pengembangan produksi garam di Kabupaten Kupang yang saat ini sedang berkembang pesat di NTT.

Turut Serta dalam kunjungan kerja ini Wakil Ketua DPRD Umbu Neka Lelung dan anggota DPRD lainnya yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe didampingi Sekda Obet Laha, bertempat di kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi, Jumat (22/10/2020)

Dalam sambutannya Ketua DPRD Sumba Tengah Tagela Ibisola menyatakan harapannya bahwa lewat kunjungan kerja ini terbangun silaturahmi dan hubungan kekeluargaan antara Pemerintah Sumba Tengah dan Kabupaten Kupang.

Dikatakannya bahwa Kabupaten . Sumba Tengah merupakan Kabupaten Pemekaran dari Kabupaten induk Sumba Barat dan masih tergolong Kabupaten baru yang perlu banyak belajar dan membangun silaturahmi dengan daerah-daerah lain di NTT salah satunya di Kabupaten Kupang.

Sumba Tengah, jelasnya, memiliki potensi tambak garam yang lumayan besar namun hingga saat ini belum terkelola dengan baik. Artinya masih berupaya membangun relasi dengan para investor untuk menanamkan modalnya dan mengembangkan tambak garam di Sumba Tengah.

Melalui kesempatan ini, dirinya bersama semua Anggota DPRD Kabupaten  Sumba Tengah berharap melalui kunjungan kerja di Kabupaten Kupang ini ada transfer ilmu demi pengembangan produksi garam di Sumba Tengah.

Dijelaskannya,  Potensi garam di Kabupaten Sumba Tengah yang  besar dan sudah berjalan dengan baik dan memiliki hasil yang bagus berkualitas.   Untuk bidang peternakan Sumba Tengah mengembangkan peternakan sapi ongole yang sangat potensial, sementara untuk pertaniannya dikembangkan melalui program tanam jagung, dengan diresmikannya Food Estate oleh Menteri Pertanian September lalu.

Sementara itu , Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang pimpinan dan anggota Dewan dari Sumba Tengah di Kabupaten Kupang  yang telah datang dan berkunjung di Kabupaten  Kupang.

Wabup Jerry menjelaskan, pola pengembangan pembangunan di Kabupaten Kupang melalui revolusi 5 P yakni berkerja secara revolusioner pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata.

Terkait pengembangan garam, Jerry menjelaskan sudah lama dikerjakan masyarakat melalui usaha garam rakyat dan saat ini mulai berkembang dengan masuknya investor/ pengusaha yang berinvestasi membangun usaha garam di Kab. Kupang.

Kabupaten Kupang jelasnya sangat terdukung kondisi alam dengan garis pantai yang panjang, kadar garam yang tinggi dan panas yang lama sehingga sangat mendukung pengembangan produksi garam yang baik. Terkait pola kerjasamanya dengan sistem bagi hasil kepada masyarakat pemilik lahan, pemerintah dan menyerap pekerja lokal.

Tentu pengembangan produksi garam berhasil karena kasih Tuhan melalui cuaca yang baik, panas dan menghasilkan produksi garam terbaik yang tidak kalah kualitasnya dari garam di jawa Jelasnya.

Jerry juga  mengapresiasi niat baik Wakil rakyat Sumba Tengah datang di Kabupaten. Kupang untuk bertukar informasi pembangunan, saling belajar bersama untuk membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

Terkait pertanian salah satu yang dikerjakan ialah program tanam jagung panen sapi dimana Kab. Kupang diberi jatah yang besar hingga 2600 ha dan sudah dikerjakan hingga bisa dikirim kejawa dengan total 800 ton.

Turut hadir Sekwan Sumba Tengah Umbu K Djawamara, serta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kupang diantaranya Kadis Perikanan Kabupaten Kupang. Kupang Novita Funay, Kadis Pertanian Pandapotan Sialagan, Kadis Pertanian Adriel Abineno.

Seusai dialog bersama di Kantor Bupati Kupang, selanjutnya Pimpinan dan Anggota DPRD Sumba Tengah melakukan kunjungan lapangan melihat secara langsung tambak garam di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang.(ER/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *