Paket KITA SEHATI Prioritaskan Mengatasi Masalah Kebutuhan  Air Bersih

KEFAMENANU.NUSA FLOBAMORA—Paket pasangan Calon Bupati (Cabup) TTU, Kristina Muki dan Calon Wakil Bupati, Yosef Tanu terus melakukan kampanye terbatas ke semua desa dan kelurahan di Kabupaten TTU. Paket nomor urut 1 (satu) yang memiliki tagline KITA SEHATI memiliki beberapa program unggulan dalam membangun TTU ke arah kemajuan.

Salah satu program yang menjadi prioritas utama adalah mengatasi masalah kebutuhan air  bersih yang selama ini dikeluhkan warga TTU. Kebutuhan akan  Air menjadi perhatian utama selain mendukung  pertanian, peternakan, juga untuk kebutuhan rumah tangga, salah satu bentuknya adalah memberikan bantuan fiber.

Hal ini disampaikan Cawabup TTU, Yosef  Tanu dalam kampanye terbatas di Maol, Kelurahan Kefa Selatan, Kecamatan Kota Kefamenanu, Jumat (16/10/2020).

Menurut Yosef  dalam balutan kain adat  Insana mengatakan bahwa program pertama  yang menjadi prioritas adalah masalah air. Air untuk mendukung pertanian, peternakan dan untuk kebutuhan rumah tangga, salah satu bentuknya adalah memberikan bantuan fiber.

“Kita akan fokus pengadaan air bawah tanah yaitu dengan sumur bor, baik untuk kebutuhan masyarakat,  pertanian, peternakan. Daerah-daerah tangkapan air kita maksimalkan untuk buat embung, itu terkoneksi dengan program yang namanya ” tanam air”,”  ungkap Yosef.

Selain tanam air lanjutnya,  genangan air pada embung bisa digunakan. Selain itu ada  program khusus terkait air,  akan diterapkan semua rumah tangga untuk wajib punya sumur resapan.

Dihadapan pendukung dan juga ikut hadir politisi NasDem yang juga  Ketua DPRD TTU Hendrik Bana, dikatakan Yosef,  daerah perkotaan semakin hari air semakin sulit, apa lagi di musim panas.

Kenapa seperti itu, katanya, karena banyak permukaan tanah di wilayah kota yang tetutup oleh bangunan. Setahun saja sudah berapa banyak penambahan rumah baru dan berapa banyak resapan air yang berkurang, maka dari itu apabila mereka terpilih maka akan dibuat sumur resapan.

Yosef mencontohkan rumah yang menjadi tempat dirinya berkampanye. Untuk pembuangannya di buat got-got kecil, pembuangan airnya kesatu arah  dan akan ada sumur resapan. Ketika turun hujan semua air akan menuju ke sumur resapan dan tenggelam ke dalam tanah.

“Kalau semua warga melakukan hal ini, maka 1 atau 2 tahun kedepan sumur yang digali yang kemarinnya 20 meter, bisa tinggal 15 sampai 14 meter dan tahun berikutnya akan berkurang lagi, karena air dibawah tanah cukup banyak. Inilah program unggulan dari paket KITA SEHATI untuk mengatasi air di Kefamenanu,” katanya.

Untuk masalah tenaga kerja,  paket KITA SEHAT Kristina Muki dan Yosef Tanu menawarkan program untuk bagaimana membuka lapangan pekerjaan.
Pertama adalah, disektor pertanian. Akan ditempatkan penyuluh ditiap desa minimal 1 orang, untuk membantu masyarakat mengelola lahan.

Dari sektor peternakan kata Yosef, juga akan menempatkan petugas peternakan setiap desa 1 petugas. Sedangkan untuk kesehatan,  setiap puskesmas di desa akan ditempatkan minimal 2 orang petugas, apabila 1 berhalangan masih ada petugas satunya untuk melayani masyarakat.

Lanjut Yosef, generasi muda atau kaum milenial  akan diikut sertakan dalam jalannya pemerintahan. Tugasnya adalah untuk mempromosikan semua hasil kerja kaum perempuan penenun dan  hasil olahan UMKM, pariwisata, kaum milenial yang direkrut bertugas  untuk mempromosikan dan memasarkannya. ( ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *