Sempat Alami Celaka, Nopriana Bunga Tetap Semangat Lakukan Pendataan SP2020

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Terhitung dari tanggal 1 September 2020, secara resmi Badan Pusat Statistik (BPS) menerjunkan para petugas pendata ke lapangan. Tujuannya adalah mendata warga terkait dengan program Sensus Penduduk 2020 atau SP2020.

Banyak kisah menyenangkan dan menyedihkan dialami petugas SP2020 apalagi dihadapkan dengan Pandemi covid19. Namun, tidak membuat petugas pendata patah semangat.

Salah satu petugas pendata SP2020 khusus di Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nopriana Hida Bunga. Walaupun sempat mengalami kecelakaan saat mendata, namun dirinya tetap semangat melakukan kegiatan door to door.

Nopriana Hida Bunga kepada Media ini di Kupang, Senin (14/9/2020) menuturkan pengalaman melakukan sensus di Kelurahan Namosain khusus di RT 5-9 yang notabene adalah wilayah pesisir pantai. RT yang notabene nelayan dan warga yang juga nelayan kerap menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan SP.

Dikatakan Nopriana, menjadi salah satu Petugas Sensus (PS) ini merupakan pengalaman pertama menjadi bagian dirinya sebagai PS. Dan uniknya PS kali ini melakukan pembekalan secara on line juga menjadi satu kendala.

“Saya juga sempat mengalami kecelakaan dimana saat mendata jatuh di salah satu rumah warga. Tapi itu tidak menjadi hambatan untuk melaksanakan tugas sebagai seorang PS,” jelas Nopriana.

Dia mengaku kalau respon warga yang cukup pro aktif dalam memberikan informasi sangat baik dan membantunya dalam melaksanakan tugas. Dalam pelaksanaan SP2020 ini, dirinya tetap memperhatikan protokol kesehatan saat melaksanakan tugas sejak tanggal 1-14 September 2020.

“Kesulitan lain kalau datang di rumah, penghuni tidak ada karena sudah melaut. Nanti malam hari baru saya datangi rumah ke rumah lagi. Saya dengan jalan kaki datangi satu per satu dengan tetap berdoa agar semua kegiatan SP berjalan aman, lancar dan sukses,” pungkas aktifis perempuan Kota Kupang ini.(ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *