Peduli Kemanusiaan, K2S Kota Kupang Gelar Aksi Sosial Donor Darah

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Kontak Kerukunan Sosial ( K2S) keluarga Jawa di Kota Kupang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia( PMI) melakukan donor darah untuk membantu saudara-saudara yang sedang sakit dan sangat membutuhkan darah.

Hal ini dikatakan Sekretaris Bidang sosial K2S Kota Kupang, Supriyatno, saat ditemui disela-sela kegiatan di Kantor PMI Kota Kupang, Sabtu (12/9/2020).

Dikatakan Supriyatno, kegiatan ini merupakan salah satu program K2S khususnya dalam bidang sosial, dan merupakan agenda rutin setiap 3 bulan sekali.
Pada bulan Juni lalu K2S tidak melaksanakan kegiatan donor darah dikarenakan covid -19.
Bulan Desember akan datang, direncanakan doroh darah ini akan dilaksanakan bertepatan dengan hari Ibu dan HUT NTT.

Dijelaskannya, mekanisme yang sudah dilaksanakan K2S jelang kegiatan donor darah ini adalah, rapat dengan anggota bidang sosial, kemudian ada kesepakan untuk membuka pendaftaran melalui grup-grup yang ada di K2S.

“Kegiatan yang kami lakukan ini setiap hari Sabtu, dikarenakan hari Sabtu merupakan hari libur dimana tidak banyak yang berhalangan,” katanya.

Ditanya soal mekanisme pemeriksaan pendonor, Supriyatno menjelaskan, sebelumnya sudah ada imbauan kepada pendaftar.

Pertama. Pendonor tidak mengkonsumsi obat-obatan selama 3 hari. Kedua, istrahat yang cukup dan ketiga bagi pendonor wanita, tidak dalam keadaan haid.

Lanjutnya, setelah mendaftar dari PMI akan melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan akan diketahui apakah pendonor tensi darahnya rendah atau tinggi dan yang paling penting adalah HB nya, Kalau HB kurang dari 12 berarti tidak boleh mendonor dan maksimal adalah HBnya 17.

“Jadi yang bisa ikut mendonor itu, kalau pendonor dalam keadaan sehat, tidak terindikasi darah tinggi dan darah rendah kemudian HBnya antara 12 sampai 17,” jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan, dalam kegiatan ini protokol kesehatan tetap dijalankan dengan cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Harapannya sebagai penyelenggara dan juga pengurus K2S adalah, kegiatan rutin ini tetap terlaksana, tetap komitmen pada program yang sudah menjadi agenda. Dan para peserta donor kota Kupang tetap semangat, tetap merespon kegiatan ini dan pesertanya bisa meningkat.

Diketahui, kegiatan donor darah yang di laksanakan pada Sabtu 12 September 2020 sebagai berikut, Peserta yang mendaftar 96 orang, yang hadir 72 orang dan dari hasil pemeriksaan ada 59 orang yang berhasil mendonorkan darahnya.

Dengan rincian, darah golongan A ( 13 kantong, golongan B ( 24 kantong) golongan AB ( 4 kantong) dan golongan darah O ( 18 kantong) jumlah keseluruhan ada 59 kantong darah dan diserahkan kepada PMI.

Sementara itu di tempat yang sama Ketua K2S Kota Kupang, dr H.M Iksan saat di mintai komentarnya mengatakan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh K2S yang dilakukan setiap 3 bulan ini, merupakan kegiatan rutin dari bidang sosial.

” Untuk pendonor hari ini diperkirakan yang mendaftar berkisar 100 orang, demikian juga pada waktu-waktu yang lalu dan waktu-waktu yang akan datang. Karena darah ini sangat di butuhkan oleh saudara-saudara kita yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan, karena setetes darah kita sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,’ jelasnya

Dimasa pandemi ini, kata dr. Iksan, tentu ada kekuatiran, tapi sudah disampaikan bahwa selagi kita masih bisa menjaga protokol kesehatan yakni dengan memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan, maka kekawatiran itu tidak perlu diragukan lagi.

“Saya menghimbau kepada masyarakat di luar sana dan juga teman-teman dari K2S, karena kegiatan ini adalah kegiatan sosial, maka bisa memberikan sumbangan darahnya kepada saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan. Dengan cara datang ke PMI untuk mensonorkan darah kita, karena setetes darah kita, sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan” pungkasnya.( ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *