Paket Sehati Berkomitmen Lanjutkan Program Bupati TTU Terdahulu

KEFAMENANU.NUSA FLOBAMORA–Pasangan Bakal Calon Bupati TTU, Kristiana Muki dan Wakil Bupati TTU, Yosep Tanu, mendeklarasikan diri sekaligus mendaftar secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten TTU. Pasangan yang lebih dikenal dengan nama, Paket Sehati itu diusung oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang memiliki 8 kursi di DPRD TTU.

Paket Sehati bertekad melanjutkan program-program pembangunan yang telah diletakkan oleh para Bupati Timor Tengah Utara (TTU) terdahulu. Serta berkomitmen melanjutkan program prioritas yang dirintis Bupati Raymundus Sau Fernandes seperti Program Berarti dan PKP.

Program tersebut terbukti membawa TTU keluar dari daerah tertinggal serta menurunkan angka kemiskinan hingga 21 persen dari sebelumnya 65 persen.

Pantauan media ini di Balai Biinmaffo, Kefamenanu, Sabtu (5/9/2020), ribuan massa pendukung Paket Sehati berdatangan memenuhi pelataran maupun dalam  gedung.

Usai menggelar deklarasi dilanjutkan dengan ritual adat ‘Tuluk Nekak Ma Ansaok Neu Aaifat Ma Askaut, Ahointat Ma Ataos, Nok Amoet Ma Apakaet’ yang berarti penyerahan diri seutuhnya kepada alam semesta, leluhur, dan Tuhan.

Dalam ritual tersebut disembelih seekor kerbau sebagai wujud tekad yang dilakukan oleh Paket Sehati dan seluruh komponen adat di TTU yang meliputi 3 Swapraja dan 18 Kevetoran. Untuk menyatakan dukungan sepenuhnya dan mohon restu leluhur agar perjuangan Paket Sehati tidak hanya sekadar memenangkan pertarungan, tapi untuk dapat terus melanjutkan pembangunan yang ada bagi masyarakat TTU.

Selain menyembelih kerbau, Paket Sehati juga menyerahkan 18 ekor ayam kepada tua-tua adat wakil dari 18 kevetoran yang ada di Biinmafo. Ayam tersebut nantinya akan disembelih pada masing-masing rumah adat.

Harapan dari ritual adat tersebut adalah proses Pilkada berjalan damai dan tidak saling mencela antara satu dan lain, serta meminta alam ikut menyeleksi putra terbaik TTU untuk melanjutkan pembangunan di daerah tersebut.

Hadir pada acara deklarasi tersebut, Ketua  DPW Nasdem Provinsi NTT, Raymundus Sau Fernandes,  Ketua Bappilu Partai NasDem Provinsi NTT, Alex Ena, Ketua DPD NasDem TTU, Yosep Tasi, Ketua DPD Gerindra Kabupaten TTU, Ketua DPC PKS Kabupaten TTU, serta seluruh pengurus DPD NasDem tingkat Kabupaten.

Calon Bupati TTU, Kristiana Muki, ketika menyampaikan orasi politiknya,  mengatakan hal yang akan dilakukan Paket Sehati jika kelak terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati TTU.

Paket ini siap melanjutkan program pembangunan yang telah diletakkan oleh para bupati terdahulu. Namun, tidak semua program akan dilanjutkan. Program-program pembangunan yang telah berjalan akan dievaluasi dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Apa yang kita lakukan adalah melanjutkan para pendahulu kita, tentunya tidak semua kita ikuti. Perlu dievaluasi. Program apa saja yang langsung menyentuh masyarakat itulah yang kita lanjutkan. Sementara yang sudah ada seperti perumahan layak huni akan kita teruskan dengan mengevaluasi tahapan-tahapan pelaksanaannya serta meningkatkan pendampingan ke arah yang jauh lebih baik,” ujar Kristiana.

Menurutnya, apabila yang terdahulu dilakukan dengan pola gotong royong, ke depannya mereka akan menambahkan dana kurang lebih Rp 40 juta per rumah dan masyarakat hanya terima kunci.

“Karena kondisi riil yang sekarang ada, pola gotong royong semakin bergeser jadi ke depannya kita akan terapkan pola terima kunci dan menambahkan sejumlah anggaran untuk ADD sehingga proses pengawasannya bisa berjalan dan ada pendampingan juga,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Kristiana, program baru yang akan dijalankan Paket Sehati adalah memberikan fasilitas kepada para pegiat UMKM serta menopang pembangunan infrastruktur. Paket Sehati akan membuka lapak pada lahan kosong di pinggiran kota dan akan memanfaatkan itu sebagai lokasi wisata kuliner pada malam hari.

Hal senada disampaikan Calon Wakil Bupati TTU, Yosep Tanu. Menurutnya, banyak paket pihak yang merasa gengsi jika melanjutkan program pembangunan dari bupati terdahulu. Padahal, ada banyak program unggulan yang sangat bagus jika dilanjutkan dan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Paket Sehati akan melanjutkan semua program yang menyentuh langsung masyarakat di akar rumput.

” Kita akan melanjutkan program-program pemerintah yang sudah ada. Makna melanjutkan adalah terlebih dahulu menggerakkan apa yang perlu ditambahkan atau dikurangi agar kedepannya lebih baik lagi,”pungkasnya.

Alex Ena dalam sambutannya mengatakan, partai Nasdem memutuskan dan mengusung paket Sehati berdasarkan hasil survei. Pada saat survei oleh DPP dengan mengikutsertakan beberapa kader partai Nasdem dan ternyata Kristiana Muki memiliki poling yang paling tinggi dari semua calon Bupati.

“Atas dasar itu kemudian DPP Partai Nasdem memutuskan untuk mengusung Kristiana Muki berpasangan dengan Yosef Tanu  dengan nama Paket Sehati,” ujar Alex.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *