BPTP Balitbangtan NTT Gelar Bimtek dan Penyerahan 100 Ekor DOC Ayam KUB 

  

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT, Rabu (26/08/2020) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan penyerahan 100 ekor bibit Day Old Chick (DOC) kepada Kelompok Tani (Poktan) Panmuti, desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT.

Bimtek ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pemahaman kepada petani peternak mengenai Teknis Budidaya Ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (Ayam KUB).

Dalam rilis berita BPTP NTT yang dikirim ke Nusa Flobamora disebutkan,  acara ini dihadiri oleh Ridolf Talaan, S.H, selaku Camat Kupang Tengah, Alexander Matte, S.H, selaku Plt. Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang.

Juga hadir Dr. Procula Rudlof Matitaputty, S.Pt, M.Si selaku Kepala BPTP NTT, Ir. Irianus Rejeki Rohi, selaku KSPP BPTP NTT, Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, selaku Ketua Tim Pengelola Ayam KUB BPTP NTT, Polri (Polsek Kupang Tengah), Babinsa, Peneliti, Penyuluh, Litkayasa, dan 28 anggota poktan Panmuti.

Camat Kupang Tengah, Ridolf Talaan, S.H, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada warganya atas motivasi dalam menyiapkan kandang untuk menerima bantuan ayam KUB dari BPTP NTT.

Sementara Plt. Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, Alexander Matte, S.H, menyampaikan tentang pengalamannya memelihara ayam harus memperhatikan manajemen pemeliharaan yang baik mulai dari DOC, bertelur, dan sampai dengan afkir.

Kepala BPTP NTT, Dr. Procula Rudlof Matitaputty, S.Pt, M.Si, membuka acara Bimtek sekaligus penyerahan simbolis bibit DOC ayam KUB sebanyak 100 ekor beserta sarana produksi ternak (sapronak) meliputi; pakan, tempat pakan dan minum, serta vitamin kepada poktan Panmuti. Acara berikut dilanjutkan “Bimbingan Teknis Pemeliharaan Ayam KUB”.

Dalam Bimtek ini dijelaskan sistem pemeliharaan ayam KUB oleh Dr. Ir. Sophia Ratnawaty, M.Si, kemudian dilanjutkan pemaparan manajemen pakan oleh Ir. Ati Rubiati, M.Si, pemaparan manajemen penetasan dan pemasaran oleh Ir. Medo Kote, M.Si, dan pemaparan manajemen pencegahan penyakit oleh Yanuar Achadri, S.Pt, M.Sc.

Kegiatan Bimtek sekaligus penyerahan Ayam KUB ini merupakan upaya penyebarluasan teknologi unggulan Badan Litbang Pertanian dalam rangka menunjang program pemerintah untuk memperbaiki peternakan rakyat dan mensejahterakan petani peternak.

Diharapkan ke depannya dapat mensejahterakan petani peternak di kabupaten Kupang dan menyebar di semua wilayah NTT sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani peternak dan populasi ayam KUB di NTT. (TIM BPTP NTT/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *