Warga Fontein Sudah Nikmati Lampu Jalan dan Jalan Beraspal

KUPANG. NUSA FLOBAMORA–Warga Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Raja, Kotamadya Kupang boleh bernapas lega menghadapi momen HUT RI ke 75. Selama ini warga saat keluar rumah sangat takut karena jalan di hampir sebagian wilayah gelap gulita dan jalanpun rata-rata belum beraspal.

Dibawa kepemimpinan Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore dan Wakil Walikota, dr. Herman Man, ruas jalan di 27 RT dan 9 RW sudah diterangi lampu jalan. Begitu pula jalan masuk antar RT sudah beraspal termasuk jalan setapak.

Lurah Fontein, Kotamadya Kupang, Yosef Suhardin, S.SoS menyampaikan ini kepada Wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/8/2020) siang.

Menurut Lurah Yosef Suhardin, perkembangan pembangunan di Kelurahan Fontein memang akhir-akhir ini sudah menunjukan kemajuan yang cukup baik.

Dimana infrastruktur jalan juga penerangan di semua titik sudah dibenahi menggunakan dana kelurahan. Dengan adanya dana kelurahan yang sudah memasuki tahun kedua ini dikelola secara baik.

“Dua tahun berjalan ini dimana infrastruktur jalan sudah bagus. Sudah banyak yang lapen. Aspek penerangan jalan dari program pemkot menjadikan Kota Kupang layak huni, kami sudah tindaklanjuti. Semua titik sudah tidak lagi gelap. Orang tidak takut lagi jalan malam karena situasi aman dan nyaman,” tutur Yosef.

Dirinya mengakui kalau Kelurahan Fontein pada dasarnya dari dulu penataan lingkungannya sudah paten. Walaupun di bagian dalam agak ruwet dalam hal penataan jalan setapak.

Sehingga, lanjut Yosef, dalam dua tahun ini ada dana kelurahan yang mengatasi persoalan ini terutama di RT 9, RT 4, RT 11 dan RT 25, sebagian besar jalan sudah dibuatkan setapak maupun lapen.

“Kami juga tahun 2019 Ada pembangunan bak air, rehap sekolah, rehap puskesmas pembantu. Tahun 2020 ada pembangunan jalan setapak di RT 3 dan RT 7 jadi sudah bagus. Semoga tahun 2021 bisa diselesaikan yang masih kurang,” ujarnya.

Mengenai pengelolaan Pemerintahan, Yosef mengatakan berjalan aman dan lancar karena pola pelayanan staf kepada warga sangat ramah dan bertanggung jawab.

“Tidak ada gejolak. Kita tidak terima apapun dan gratis. Kalau dulu-dulu memang ada yang namanya leges tapi sekarang sudah tidak boleh ada lagi,” kata Yosef.

Yosef juga menjelaskan kalau ada harapan dari Walikota agar dana kelurahan tidak cuma fokus pada infrastruktur saja tapi bisa juga untuk belanja modal berupa pembelian peralatan pendukung kerja seperti komputer, dll.

Ditanya soal penanganan covid19 di Kelurahan Fontein, pria yang sudah berusia 54 tahun ini menuturkan bahwa sejak adanya pandemi covid19, dibentuk gugus tugas covid melibatkan semua komponen.

“Puji Tuhan dari sosialisasi yang kita lakukan masyarakat sadar dan selalu kenakan masker dan Fontein masih zona hijau sampai sekarang. Warga saya yang tersebar di 27 RT dan 9 RW dengan jumlah penduduk 4..083 jiwa sadar betul mengenai bahaya virus ini,” katanya.

Soal kamtibmas, Yosef mengatakan sangat aman karena kerjasama yang baik antara pihak kelurahan, Babinsa serta,  babinkamtibmas sangat baik. Setiap kegiatan apapun ketiga komponen ini dilibatkan bersama warga.

“Memang pada HUT RI ke 75 ini kita tidak ada kegiatan meramaikan kemerdekaan seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi saya sudah umumkan kepada warga untuk mensyukuri kemerdekaan dengan memasang bendera Merah Putih dan umbul-umbul di rumah masing-masing. Kita mendokan jasa para pejuang yang merelakan jiwa raganya untuk kemerdekaan dengan cara memasang bendera dan umbul-umbul,” pungkas lurah yang sangat komunikatif ini.(Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *