PWNU NTT Siapkan 14 Hewan Kurban di Puncak Idul Adha 1441 H

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama( PWNU) Provinsi NTT pada tahun 2020 melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H di tengah situasi pandemi Covid19.

PWNU NTT menyiapkan 14 hewan kurban yakni, 4 ekor sapi dan 10 ekor kambing, juga akan menyerahkan Kitab Suci Al-Quran dan Launching Lazisnu PWNU NTT.

Hal ini disampaikan Sekretaris PWNU NTT, Abdullah Ulumando SE, pada saat Jumpa Pers dengan media di kantor PWNU NTT, Rabu ( 29/7/2020).

Dijelaskan Abdullah, pelaksanaan kegiatan dalam rangkah Idul Adha ini digelar pada tanggal 2 Agustus 2020, sekaligus Penyerahan Kitab Suci Al-Quran dan Launching Lazisnu PWNU NTT dimaksud.

Dikatakan Ulumando, tujuan dari kegiatan ini adalah, bagaiman NU sebagai organisasi bisa menjawab akan 2 tujuan dari pada keberadaan insan manusia di muka bumi ini.

Pertama, bagaimana ia bisa menjadi khalifa, menjadi seorang yang bisa mengimplementasikan hak Hablum Minallah dan Hablum Minannas. Tentang bagaimana bisa sebagai hamba ciptaan Tuhan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga bisa membangun relasi sosial dengan Masyarakat.

Kedua, didalam kegiatan ini khususnya NU NTT ingin mendekatkan diri dengan umat dan masyarakat selain dari momen-momen lain terkhusus Idul Adha ini.

“Sehingga daging kurban ini bukan hanya kita bagikan kepada warga muslim, tetapi juga non muslim. NU untuk Tahun ini mengorbankan 4 ekor Sapi dan 10 ekor kambing,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Kurban NU NTT, Abdul Syukur, SH menyampaikan, Hari Raya Idul Adha 1441 H, NU NTT mengambil thema besar, ” NU NTT Berkurban Ditengah Pandemi Covid 19″.

Dijelaskan Syukur, selain kegiatan berkurban ini, juga ada rangkaian acara Penyerahan Kitab Suci Al-Quran dari Donatur Kepada PWNU NTT, dan bantuan ini akan diberikan kepada PCNU di 21 Kabupaten Kota di NTT.

Selain itu juga ada Launching Lembaga zakat, infak, sedekah NU NTT( LAZISNU). Lembaga ini akan bekerja mengumpulkan maupun bisa membantu masyarakat Nahdyiin dan warga muslim lainnya.

Syukur menambahkan, untuk bantuan hewan kurban 4 ekor sapi dan 10 ekor kambing ini, 2 ekor sapi bantuan dari internal pengurus NU NTT, 1 Ekor Sapi dari Lazisnu PBNU, 1 ekor sapi dari Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah NTT.

Untuk kambing 10 ekor bantuan dari Partai Kebangkitan Bangsa( PKB) 4 ekor kambing, Anggota DPD RI dr Asyera Respati bantuan dan Rp 5 juta( panitia belikan kambing 2 ekor), bantuan dari Keluarga H Amiruddin( alm) 2 ekor kambing, Bpk Iskandar 1 ekor dan Ibu Rimtini 1 ekor kambing.

Ditanyakan Soal berapa banyak penerima daging kurban dan sistemnya seperti ditengah Covid ini, Syukur menjawab, daging Kurban di targetkan 500 kantong dan sistemnya dengan pembagian kupon serta protokol kesehatan tetap diberlakukan, dan panitia sudah siapakan pencuci tangan, masker dllnya.

“Kami dari pengurus dan panitia NU NTT, pemotongan hewan akan di laksanakan pada hari Minggu tanggal 2 Agustus 2020 pukul 08.00 Wita sampai selesai dan bertempat di halaman Masjid Nurul Quwah Lasikode Kupang,” jelasnya.

Daging Qurban ini selain penerimanya warga Muslim yang berada di pinggiran kota Kupang, akan juga didistribusikan di wilayah binaan NU NTT, tepatnya di Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten TTS.

Ketua Muslimat NU NTT, Hj Nurni Amiruddin, mengapresiasi kerja panitia idul Kurban, yang enjoy tapi serius sehingga membuahkan hasil yang luar biasa.

Dirinya berharap, daging Kurban ini, akan dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

“Insya Allah daging kurban ini akan di distribusikan kepada saudara-saudara kita di Desa Oebelo Amanuban selatan TTS. Mudah-mudahan niat kita ini membawah berkah” katanya.

Turut hadir, Wakil-wakil Ketua PWNU NTT, Ketua PCNU Kota Kupang, M Nur Yamin, Ketua Lakpesdam NU NTT, Sri Chatun, Ketua Muslimat Hj Nurni, Pengurus Fatayat dan pengurus NU NTT dan panitia Idul kurban PWNU NTT. ( Amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *