Kelurahan Bonipoi Sebagai Perintis pengguliran Dana PEM di Kota Kupang

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—Gebrakan yang dilakukan Lurah Bonipoi, Kota Kupang, Warisno Matutu, S.Pt, bersama jajarannya patut diacungi jempol. Langkah yang dilakukan adalah merintis pengguliran dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Dana Pem) Tahun Anggaran 2020.

Total Dana yang digulirkan sebanyak Rp. 307.000.000 dengan jumlah pelaku usaha sebanyak, 33 orang.

Warisno Matutu kepada Media ini, Senin (27/7/2020) mengatakan, tahapan dalam program Dana Pem di mulai dari proses Pengajuan Proposal untuk selanjutnya di verifikasi serta Identifikasi obyek usaha dari pengelola Dana Pem.

Dikatakannya, langkah yang sudah ditunjukan adalah pembentukan pengurus dimana sebagai Koordinator, Slamet Abubakar, Bendahara, Munir Baktir, Administrasi, Deby Missa dan Fasilitator, Abdul Guhir.

Menurut Warisno, setelah proses verifikasi di lanjutkan dengan proses Reverifikasi bersama Bappeda Kota Kupang. dan di akhiri dengan penetapan Nama Pelaku usaha yang di Akomodir melalui Bantuan Dana Pem tahun 2020.

“Total Dana Pem yang telah di gulirkan sejak tahun 2013 sampai dengan 2020 sebanyak Rp 3.138.500.000 dengan jumlah pelaku Usaha Mikro yang sudah di Layani sebanyak 430 Pelaku Usaha. Tujuan dari Program ini Adalah Membantu Modal Usaha bagi Warga yang mempunyai Kegiatan Usaha,” jelas Warisno.

Ditambahkan Warisno, pada kegiatan penyaluran Dana Pem ini, pihaknya juga melibatkan asuransi Jasindo sehingga pelaku usaha terlindungi dari musibah sakit, meninggal atau musibah lainnya.

“Jika pelaku sakit dan rawat inap maka dapat bantuan Rp 100.000 selama maksimal 20 hari. Kalau meninggal dan kecelakaan diberi santunan Rp 2,5 juta. Bila meninggal pencicilan atau pinjaman akan dilunasi oleh pihak peminjam. Biaya setoran angsuran hanya Rp 50.000 per pelaku usaha,” tambah Warisno.(Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *