Mengenal Lebih Dekat Kehadiran PT Pupuk Kaltim

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia ( Persero).  Saat ini memiliki kapasitas produksi Urea 3, 43 juta ton per tahun, amoniak sebanyak 2, 74 ton pertahun dan NPK 350 ribu ton per tahun.  Perusahaan ini resmi berdiri pada 7 Desember 1977 dan berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur.

Bisnis utama perusahaan adalah memproduksi dan menjual amoniak, urea, pupuk NPK dengan segmen pasar dalam maupun luar negeri. Untuk wilayah  distributor sektor subsidi dalam negeri, wilayah pemasaran pupuk Kaltim meliputi 2/3 wilayah Indonesia yakni Kawasan Timur Indonesia hingga Papua dan sebagian besar Jawa Timur dan Kalimantan, kecuali Kalimantan Barat.

Sedangkan untuk pemasaran luar negeri, pupuk Kaltim melakukan export ke negara-negara dikawasan Asia Pasifik, Amerika Serikat, Amerika Selatan dan sebagainya.

Visi dari Pupuk Kaltim adalah,  “Menjadi perusahaan di bidang industri pupuk, kimia dan agribisnis kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan”.

Apa Itu Pupuk UREA :

Pupuk urea merupakan pupuk nitrogen ( N) memiliki kandungan nitrogen 46%. Urea dibuat dari reaksi antara amoniak dengan karbon dioksida dalam suatu proses kimia menjadi urea padat dalam bentuk prill atau granul.

Urea prill paling banyak digunakan untuk segmen tanaman pangan dan industri, sedangkan urea granul lebih cocok untuk segmen perkebunan. Khusus urea bersubsidi dengan merek pupuk Indonesia, produk urea berwarna pink.

Untuk kelancaran produksi dan pemasaran, pupuk Kaltim mengelola fasilitas gudang urea dan tangki amoniak, dengan kapasitas sebagai berikut: Gudang Urea untuk  Urea curah  : 215.000 ton dan Urea kantong : 10.000 ton.

Tangki Amoniak ( Ammonia Storage Tanks) dengan kapasitas 2x 26.000 ton, dan 1×50.000 ton. Selain itu, untuk mendukung distribusi produk di wilayah-wilayah pemasaran, perusahaan menyewa gudang dengan kapasitas total sekitar 520.000 ton urea.

Dalam mengembangkan bisnisnya, pupuk Kaltim memiliki komitmen untuk melindungi lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati. Pupul Kaltim telah menerapkan sistem manajemen lingkungan yang telah tersertifikasi ISO 14001 2004 untuk mengurangi dampak  negativ aktifitas produksi terhadap lingkungan.

Konsep pengelolaan limbah PT pupuk Kaltim adalah 5R ( rethink, reduce, reuse, recycle dan recovery)  untuk mencegah dan mengurangi limbah padat dan limbah B2 dikelola dan dipantau sesuai peraturan perundangan  dan standar yang berlaku.

Kepala Acount Eksekutif PT Kaltim Wilayah NTT, Angga Andhika saat di temui di ruang kerjanya didampingi staf penjualan NTT Deni Giri, Selasa (21/7/2020) mengatakan, untuk stok pupuk Urea di NTT dimasa Pandemi covid 19 aman terkendali.

” Saya dan pak  Deni baru saja dari gudang dan stok untuk pupuk urea aman terkendali, hingga nanti musim tanam ke 2,” katanya.

Angga menjelaskan, melihat story penjualan pupuk Kaltim di NTT, tidak ada hambatan semuanya lancar dengan rutin selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi NTT.

“Kami  saling mengunjungi.  Dinas Pertanian Well come karena dari pupuk Kaltim  dalam penyaluran selalu memenuhi alokasi yang diharapkan,” kata Angga.(amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *