Warga Desa Oebesi Tidak Canggung dan Malu-malu Lagi Dengan TNI

Keterangan foto : Kodim 1604/Kupang.

TMMD KE 108—Kegiatan fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 TA. 2020 di Desa Oebesi, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang.

KUPANG. NUSA FLOBAMORA– Warga Desa Oebesi, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, NTT selama ini melihat sosok anggota TNI adalah sosok yang tegas, kaku, tidak bisa bercanda.

Akibatnya, warga merasa agak canggung dan malu-malu karena beranggapan TNI itu sangar. Tetapi setelah membaur, ngobrol bersama, mereka merasakan yang berbeda sehingga terbentuk kedekatan dan kekeluargaan yang erat.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Oebesi, Semru Nesi kepada kalangan Media, Senin (6/7/2020).

Dikatakan Semru Nesi, sudah berjalan enam hari, semenjak dibuka 30 Juni 2020 program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 TA. 2020 di Desa Oebesi, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang.

Selama sepekan ini, kata Semru, kedekatan masyarakat dan personil TNI Angkatan Darat semakin erat. Walaupun diakui Semru, sebelum hadirnya anggota TNI di kegiatan TMMD, warga agak canggung dan malu-malu karena beranggapan TNI itu sangar.

“Tetapi setelah membaur, ngobrol bersama anggota TNI, mereka merasakan yang berbeda sehingga terbentuk kedekatan dan kekeluargaan yang erat,” tutur Semru.

Bahkan masyarakat Desa Oebesi sudah tidak lagi takut berlebihan dengan yang namanya Tentara semenjak adanya TMMD. Sekarang ini malah masyarakat berterima kasih karena TNI telah rela membantu untuk membangun desa.

Menurutnya, pandangan masyarakat Desa Oebesi berubah semenjak adanya program TMMD. Ini akan memberikan nuansa berbeda kepada masyarakat tentang pandangannya kepada TNI.

“Rasa takut warga perlahan luntur setelah beberapa hari bersama dengan TNI dengan sama-sama memperbaiki dan membangun sarana dan prasarana,” ungkapnya.

Kedekatan itu kini membentuk sinergitas yang tinggi dalam gelaran TMMD ke-108 TA. 2020 Kodim 1604/Kupang yang ditargetkan akan rampung pada 30 Juli 2020 mendatang.

Kades Semru Nesi berharap, sinergitas dan kedekatan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat yang saat ini terbentuk dalam TMMD ke-108 dapat terus terjalin pada masa yang akan datang di luar TMMD.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-108 TA. 2020 Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Desa Oebesi yang telah membantu pelaksanaan TMMD ke-108 sehingga pelaksaan bisa berjalan dan aman.

Dandim berharap sinergitas ini dapat terus terjalin agar target yang telah ditargetkan dalam TMMD dapat tercapai dengan sesuai harapan yang diinginkan dalam keadaan aman. (*/amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *