Noelbaki jadi Tuan Rumah Puncak Gerakan Pelayanan Sejuta Akseptor

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, menjadi tuan rumah puncak gerakan pelayanan sejuta ekseptor tanggal 29 Juni 2020.

Sebelum puncak kegiatan yang bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 itu, dilakukan pelayanan KB gratis dari desa ke desa di Kupang Tengah dari tanggal 20 Juni diawali dari Desa Oebelo.

Ini merupakan kerjasama BKKBN dengan Puskesmas Tarus, Kecamatan Kupang Tengah. Diharapkan para kaum ibu bisa memanfaatkan program pemerintah ini dalam mensukseskan program KB.

Kepala Puskesmas Tarus, drg. Imelda Sudarmadji menyampaikan hal ini kepada Wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (20/6/2020).

Dikatakan Imelda, gerakan KB ini sebenarnya sudah lama dilakukan sejak zaman Orde Baru dimana saat itu pemerintah mencanangkan Program Dua Anak Cukup. Seiring dengan perjalanan waktu, gerakan ini lambat laun menghilang.

Saat ini, kata Imelda, didengungkan kembali gerakan KB ditandai dengan dibentuknya Kampung KB. Khusus di Kecamatan Kupang Tengah sudah ada Kampung KB seperti di Desa Mata Air.

Berkenaan dengan Harganas ke 28 yang puncaknya tanggal 29 Juni mendatang, kata Ibu tiga anak ini, BKKBN menjalin kerjasama dengan Puskesmas Tarus mewujudkan program sejuta akseptor. Ada pelayanan KB gratis bagi warga.

“Nanti puncaknya kegiatan tanggal 29 Juni di Noelbaki. Tapi sejak tanggal 20 Juni sudah mulai pelaksanaan pelayanan di desa-desa. Ini karena ada covid19 sehingga pelayanan kita estafetkan dari desa ke desa yang dimulai dari Oebelo,” jelas Imelda.

Tentang kunjungan pasien ke Puskesmas Tarus saat ini, Imelda mengatakan, selama pandemi covid19 kehadiran pasien menurun drastis karena larangan untuk tetap tinggal di rumah. Namun, sejak diterapkan new normal, sudah mulai ada peningkatan walaupun masih dalam jumlah terbatas.

“Untuk ibu hamil sebagai dampak dari protokoler kesehatan untuk tinggal di rumah karena covid19, masih normal saja. Tidak ada lonjakan yang tinggi. Harapan kita tentu kegiatan Harganas ini kaum ibu bisa memanfaatkan kesempatan karena pelayanan gratis,” tambah Imelda.(Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *