Ditengah Pandemi Covid19, Mentan RI Diagendakan Hadir di Kabupaten Kupang, NTT

KUPANG. NUSA FLOBAMORA—Walaupun pandemi virus corona (Covid19) masih menyebar di wilayah Indonesia, tidak meyurutkan niat Menteri Pertanian RI, Syarir Yasin Limpo( SYL) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mentan, SYL dijadwalkan akan hadir, Jumat (29/5/2020) dengan beberapa agenda antara lain, kunjungan ke Tokoh Tani Nusa Center (TTIC) , penyerahan bantuan 40 unit handtraktor kepada Gubernur NTT, pelepasan Jagung hasil panen TJPS untuk diberangkatkan ke Surabaya di Desa Manusak Kabupaten Kupang, dan penanaman jagung secara simbolis.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan NTT, Ir Yohanes Oktovianus saat ditemui disela-sela persiapan kedatangan Mentan SYL di Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur, Kamis (28/5/2020) mengatakan, kedatangan Menteri Syahrir Yasin Limpo bersama Dirjen dan Kepala Badan yang berkompeten.

Sebelum ke Manusak, Mentan direncanakan akan mengunjungi Tokoh Tani Indonesia Center ( TTIC) yang berada di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan NTT.

“Pak Mentan akan melihat langsung, kondisi dan kegiatan yang dilaksanakan di Kupang. TTIC ini baru dibentuk tahun 2019 dan operasional baru tahun 2020 ini. Bapak Gubernur NTT juga sudah sempat melihatnya,” jelas Yohanes.

Dirinya berharap TTIC ini, bisa menjadi pusat informasi pertanian khususnya untuk produksi pertanian dan harga.

” Sementara ini, kita sudah menyiapkan barang-barang khususnya untuk pangan pokok. Di TTIC kita menjual dengan harga murah atau harga dari petani akan kita jual,” tuturnya.

Tujuan keberadaan TTIC ini, lanjut Yohanes, bukan untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi memediasi agar produk-produk petani itu bisa laku dan memperpendek rantai pasar.

Menurut Yohanes, setelah itu Menteri Syahrir akan meninjau traktor bantuan dari Kementan tahun 2019-2020.

“Pak Menteri Pertanian bantu 40 unit traktor dan melihat langsung serta diserahkan kepada Bapak Gubernur NTT,” katanya.

Selanjutnya Jelas Yohanes, dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan NTT akan menuju Desa Manusak Kabupaten Kupang. Di sana Mentan akan melepas jagung hasil panen TJPS beberapa waktu lalu. Ada sekitar 2-3 kontainer yang disiapkan untuk dikirim ke Surabaya.

“Ada demonstrasi pengolahan lahan dengan menggunakan traktor bantuan yang di lakukan oleh Menteri Pertanian, Gubernur NTT, Dirjen. Akan ada penyerahan bingkisan secara simbolis kepada petani. Bingkisan tersebut juga sudah di distribusikan sebagian besar kepada petani, hanya ada kendala untuk Kabupaten di Flores karena transportasi,” katanya.

Terakhir Menteri bersama Dirjen dan Gubernur NTT akan menanam jagung secara simbolis. Target yang akan dicapai seluas 10 hektar dengan memanfaatkan sumber air yang ada.

Pantauan media Nusa Flobamora, persiapan sudah hampir rampung. Lahan untuk penanaman simbolispun sudah dipersiapkan termasuk traktor. Lahan yang sudah diolah petani, juga siap ditanami jagung usai Menteri bersama Dirjen dan Gubernur NTT menanam secara simbolis. ( amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *