Kepala BPPSDMP : Membuat Konten Berita yang Bersifat Informatif, Mendidik dan Kreatif

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Semangat BBPP Kupang seakan tak pernah surut untuk terus kreatif ditengah masa pandemic Corona. BBPP Kupang terus memaksimalkan kreatifitas agar dapat mengemas gagasan yang ada menjadi suatu bentuk tulisan yang menarik untuk dibaca.

Selama masa pandemic ini, BBPP Kupang tetap mampu produktif dengan menghasilkan berbagai tulisan yang dipublikasikan di sejumlah media berita online maupun media cetak.

Bukan hanya itu saja, kreatifitas lainnya juga dikemas dalam berbagai konten video yang dipublikasikan pada channel youtube BBPP Kupang.

Kepala BPPSDMP menyampaikan hal-hal positif ditengah pandemic covid 19, yaitu terkait 11 komoditas yang dikawal ketat oleh Kementan dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang sehat.

“Dengan asupan pangan yang baik tentunya dapat melahirkan insan pertanian yang handal. Ini sesuai dengan program BPPSDMP yakni Kostratani yang berkaitan dengan kegiatan pertanian dari hulu hingga hilir,” Ujar Dedi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus mengajak insan pertanian agar mampu bertahan ditengah pandemic covid 19.

“Terkait dengan penyebaran berita positif tentunya harus disampaikan sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan sehingga tidak menimbulkan keresahan ditengah masyarakat,” Ungkap Syahrul.

Kementan terus meningkatkan kualitas SDM pertanian dan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan. Pertanian kita harus mandiri dan modern sehingga keluarga petani semakin sejahtera.

Di samping itu, pertanian harus bisa menarik minat generasi muda sebagai profesi yang menjanjikan salah satunya dengan adanya publikasi pada media massa tentang program dan kebijakan kementerian pertanian.

“Penyebaran berita positif harus disampaikan oleh Penyuluh, humas dan tim penulis berita sesuai fakta nyata di lapangan,” terang Mentan SYL.

Kepala Badan PPSDMP Prof Dedi mengatakan hal positif di tengah pandemic Covid-19, harus selalu disampaikan, salah satu contoh, tentang 11 komoditas pertanian yang terus harus dikawal Kementan dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang sehat bagi masyarakat.

Penderasan pemberitaan tentang program dan kebijakan kementerian pertanian wajib terus di publikasikan agar masyarakat tahu tentang kebijakan dan eksistensi Kementan, sehingga pelu kerja keras humas dan penyuluh untuk mewartakan kebijakan kementan kearah yang positif dengan konten menarik, uptudate, inspiratif.

“Diharapkan seluruh stake holder yang berada dilingkup kementerian pertanian dapat giat berkerja terutama dalam pembuatan konten berita yang bersifat informatif dan mendidik, kreatif dan inspiratif sehingga masyarakat pada umumnya dapat mengetahui  kinerja Kementerian Pertanian dalam mewujudkan kedaulatan pangan,”  ujar Dedi.

Dan saat ini negeri Indonesia di landa wabah Covid 19 pertanian menjadi satu sector kehidupan yang masih eksis berperan dalam kehidupan bangsa.

Dikatakannya, kecukupan pangan dengan geliat Kostratani yang didalamnya terdapat kegiatan pertanian dari hulu hingga hilir menunjukan eksistensi Pertanian Tidak Berhenti Eksistensi ini, juga sedikit banyak ada kontribusi media dalam publikasi pemberitaan yang positif mengenai program dan kebijakan kementan.

Sejalan dengan Arahan Pimpinan Humas BBPP Kupang tetap aktif melakukan penderasan pemberitaan yang positif mengenai pertanian, skil dan atau kemampuan menulis terus di asah agar dapat membuat tulisan yang kreatif.

Sitti aminah Daiman selaku Kasubbag Kepegawaian dan Rumah tangga yang membawahi juga kehumasan BBPP Kupang mengatakan Humas BBPP Kupang terus aktif menulis realise berita pertanian setiap hari dan di publish di media online baik lokal maupun nasional.

“Semua humas UPT lingkup BPPSDMP wajib menyetor realise berita pertanian menyangkut kebijakan atau program Kementan setiap hari oleh karena itu humas harus kreatif dan on terus dalam menulis “ ujar Sitti.

Menulis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi menulis menjadi lebih simpel dan mudah bila diawali dengan selembar kertas dan sebuah pena di telapak tangan.

Tulislah apa yang ingin ditulis. Jangan pikirkan orang-orang yang tidak sepaham dengan kita karena mereka tak mengerti apa tujuan dari apa yang kita tulis.

Jangan pernah takut untuk menulis dan jangan pernah takut untuk berpikir. Selagi Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk menulis dan berpikir apa salahnya jika kita mengaplikasikannya, karena itu adalah awal kita untuk menuju kesuksesan.(Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *