P4S Abdilaboratus di Desa Mata Air Berinovasi Kembangkan Apel India

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta para petani di Tanah Air agar lebih mandiri dan maju. Hal ini akan memengaruhi beragam hasil pertanian sehingga bisa diolah menjadi produk-produk lain yang bernilai tambah.

“Mandiri itu berarti semua bisa disiapkan dengan kemampuan dan kekuatan kita sendiri,” kata SYL

Kementerian Pertanian akan konsisten mendukung tumbuh kembang, serta mengawal P4S melalui Pembinaan, pemberdayaan serta pengawalan untuk kemajuan P4S Binaan BPPSDMP.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian Prof. Dedi Nursyamsi menegaskan terkait penyediaan sektor pangan yang tak boleh berhenti ini menjadi wujud semangat petani terus berproduksi ditengah pandemik Covid 19.

“ P4S atau petani harus terus berinovasi sehingga petani dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, karena kemajuan pertanian suatu negara tergantung pada kemampuan SDM” ujar Dedi

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) menjadi salah satu lokasi bagi petani untuk belajar. Karena itu, P4S harus kritis, kompetitif, kreatif, Inovatif, komunikatif dan kolaboratif di segala keadaan.

Hal itu pula yang telah dilakukan oleh P4S Abdilaboratus yaikni membudidayakan Putsa atau Apel India atau yang lebih dikenal oleh masyarakat NTT adalah Kom Apel.

Menyebut Apel India tentu asing ditelinga kebanyakan orang khusus di NTT. Sesungguhnya Apel India ini merupakan hasil persilangan antara batang bidara atau kom (bahasa Kupang, red) lokal yang bisa ditemukan dimana-mana di NTT dengan kom apel yang selama ini banyak dikembangkan di Semarang, Jawa Tengah.

Jika selama ini orang lebih banyak mendatangkan bibitnya dari Semarang maka saat ini sudah bisa dikembangkan oleh P4S Abdilaboratus yang di nahkodai oleh Yohanes Lalang di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah.

Yohanes Lalang menuturkan, salah satu usaha yang jadi tren sekarang adalah kom apel. Kom lokal memang ditemukan dimana saja disetiap daerah yang tumbuh liar di hutan-hutan

Buah kom lokal biasanya kecil-kecil tetapi kom apel buahnya agak besar seperti buah tomat. Untuk menghasilkan buah kom apel ini, kata Yohanes, tidak susah karena dirinya sudah melakukan ujicoba.

Yohanes yang juga Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) dampingan Balai Besar Penyuluhan Peternakan (BBPP) Kupang ini mengatakan, tanaman kom apel memang masih langka.

Untuk mendapatkan anakan kom apel harganya Rp 100.000/anakan karena bermanfaat cukup besar.
“Ternyata berhasil sehingga saya pikir kita tidak perlu datangkan lagi dari Jawa karena kitapun bisa kembangkan di NTT,” katanya.

Yohanes menuturkan, baru-baru ini pihak Undana mengambil 60 anakan kom apel yang dikembangkannya.

Dia berencana pada tahun 2020 ini akan mengadakan 2.000 anakan kom apel karena harganya sedang “naik daun”.

Keunggulan dari kom apel yang dikembangkannya ini, dalam 4-5 bulan sudah bisa berbuah dan rasanya seperti buah apel.

Walau di NTT pada umumnya memiliki tanah karang dan lahan kering tapi bukan masalah untuk membudidayakan apel india ini. Budidaya apel india ini bisa di lakukan di polybag dengan tanah dan pupuk yang baik.

Dan Pohon Apel India ini sekarang laris manis. Banyak konsumen yang datang ke P4S Abdilaboratus untuk membelinya dan tidak hanya membeli tetapi masyarakat dapat belajar bagaimana membuat Grafting pada pohon apel india ini.

Adapun ciri khas dari tanaman putsa yaitu pohon merupakan jenis pohon semak berduri dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Pohon putsa sendiri mampu tumbuh hingga ketinggiannya mencapai 10m hingga 12m.

Sementara untuk buah apel India sendiri memiliki warna hijau dengan bentuk yang sangat mirip dengan buah apel.

Walaupun terlihat mirip dengan buah apel berbeda jika melihat manfaat zat besi untuk tulang yang belum diketahui, ukurannya memang tidak sebesar buah apel pada umumnya.

Apel India hanya memiliki ukuran dengan diameter kurang lebih sekitar 5cm saja atau seukuran genggaman tangan anak kecil. Sedangkan tekstur dari kulit buah ini bertekstur halus dan daging buahnya berwarna putih dan rasanya manis.

Walaupun apel India memiliki ukuran yang kecil buah ini memiliki banyak sekali manfaat. Tentunya tidak hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk kecantikan . Hal ini karena apel India memiliki nutrisi yang sangat kompleks.

Manfaat Dari Apel India Bagi Kesehatan dan Kecantikan sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Jika ingin menjaga kesehatan tulang agar tidak mengalami gangguan seperti osteoporosis dini, rematik dan nyeri, bisa mengkonsumsi buah apel India secara berkala. Hal ini karena buah apel ini memiliki kandungan fosfor yang sangat baik bagi kesehatan tulang.

2. Mengatasi Asma

Bagi yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma dan ISPA, bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi apel India. bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi minuman.

3. Mencegah Kanker Usus

Apel India juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menanglkal zat radikal bebas yang dapat merusak sel- sel dai dalam tubuh., maka bisa mengkonsumsinya untuk pencegahan beberapa jenis kanker. Salah satu kanker yang dapat dicegah yaitu kanker usus.

4. Mencegah Kanker Paru- Paru

Selain dapat mengatasi gangguan penyakit asma, mengkonsumsi apel india bisa mencegah penyakit kronis lainnya yaitu kanker paru- paru. Ini sangatlah penting khususnya bagi yang memiliki kebiasaan merokok.

5. Mencegah Kanker Hati

Adapun kandungan vlavanoid pada apel ini yang dapat mencegah berbagai macam kanker seperti kanker hati. bisa mengkonsumsinya setiap pagi secara langsung ataupun dengan mengolahnya menjadi berbagai inovasi resep masakan.

6. Mencegah Kanker Payudara

Bagi sebagian besar wanita dan mungkin cenderung memiliki kekhawatiran dengan jenis penyakit kronis yang satu ini. Dengan mengkonsumsinya setiap paginya, bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit kronis kanker payu dara.

7. Mengatasi Diabetes

Dengan mengkonsumsi apel India sebanyak satu buah setiap harinya mampu mengatasi penyakit diabetes, tidak hanya mampu mengatasi saja tetapi bagi yang ingin melakukan pencegahan juga bisa.

8. Mengatasi Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh sebagian besar orang di atas umur 19 tahun. Tentunya kolesterol ini merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya, kolesterol dapat memicu beberapa macam penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung. bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah apel India.

9. Membakar Lemak

Bagi yang sedang menjalani program diet, bisa mengkonsumsi apel India untuk menunjang program diet. Hal ini karena dengan mengkonsumsinya anda lemak yang menumpuk di tubuh akan terbakar dengan lebih efektif. Sehingga proses diet akan lebih cepat.

10. Mengencangkan Kulit

Bagi sebagian besar wanita memiliki kulit yang kencang merupakan salah satu idaman. Di usia yang sudah menginjak lebih dari 20 tahun dengan memiliki kulit kencang, akan terlihat lebih awet muda. Dengan mengkonsumsi apel India secara teratur, bisa mewujudkan hal tersebut.(Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *