YUK INTIP BAGAIMANA DAUN KELOR DI JADIKAN OLAHAN TEH HERBAL ALA WISDYAISWARA BBPP KUPANG

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Pasti Kita semua pernah mendengar peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”, hal itu karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil, Walau kecil ukurannya, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree). Dan kelor Bisa di olah menjadi aneka ragam makanan sehat salah satunya adalah Teh Kelor.

Bagi pecinta gaya hidup sehat, teh kelor menjadi minuman yang populer karena bermanfaat bagi kesehatan. Minuman ini termasuk kategori herbal yang berasal dari tumbuhan Moringa Oleifera atau lebih dikenal dengan daun kelor.

Kelor banyak ditemukan di Pulau Timor dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat lokal sebagai sayur. Sebab populasinya yang melimpah dan dikenal memiliki nutrisi tinggi, Dinas Pertanian NTT pun berkomitmen menjadikan kelor sebagai komoditas unggulan di NTT.

Daun kelor merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C.

Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Untuk membuat teh daun kelor bisa dikatakan cukup mudah. Bahannya pun tersedia di pasaran.
Ir. Wiwiek Yuniarti Costa, M.Si Widyaiswara Pengolahan Hasil di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang telah mengembangkan serta membuat diversifikasi produk dari kelor yaitu Teh Kelor dengan resep yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang dapat digunakan oleh masyarakat secara luas sebagai alternatif potensi bisnis dalam meningkatkan ketahanan pangan ditengah terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia akhir-akhir ini.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan berpesan bahwa “Adanya musibah wabah Covid-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor”.ungkap mentan.

Pertanian tidak berhenti dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar lebih baik, dimana sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yaitu Prof. Dedy Nursyamsi menegaskan bahwa “Masalah pangan adalah masalah yang sangat utama, hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm, tapi mampu menuju ke off farm, terutama pasca panen dan olahannya”.

Yuk Intip cara Pembuatan teh kelor seperti yang di Buat WI BBPP Kupang :

Berikut adalah cara mengolah daun kelor menjadi the ( cara I)
– pisahkan daun kelor dr tangkai nya
– cuci dgn air bersih
– tiriskan airnya smp kering
– letakkan daun di atas baki oven
– di oven slm krg lbh jam 5 jam dengan suhu 37°C
– angkat daun kelor dan siap dikemas
– Jika ingin meminumnya ambil 1 sendok teh kelor kering lalu di seduh dengan air panas, Anda bisa menambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis. Konsumsi teh daun kelor dalam keadaan hangat

Cara ke II :

• Petik daun kelor yang masih segar dan muda. Letaknya di dekat pucuk dan berwarna hijau muda.
• Rendam daun kelor di dalam air bersih untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.
• Keringkan daun kelor setelah dicuci. Caranya, letakkan daun kelor di nampan, kemudian simpan di udara terbuka. Sebaiknya jangan letakkan daun kelor di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat kandungan gizinya berkurang.

• Jika daun kelor sudah kering, tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk halus.
• Simpan daun kelor yang sudah menjadi bubuk di dalam wadah khusus. Kemudian harus diletakkan di tempat yang sejuk agar menghilangkan enzim oksidatif yang membuat daun kelor bubuk tak bisa disimpan lama. Daun kelor pun bisa tahan lama meski tanpa bahan pengawet.

• Ketika ingin membuat teh, ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk, lalu seduh dengan air panas. Anda bisa menambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis. Konsumsi teh daun kelor dalam keadaan hangat.(Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *