Kementan Pastikan Pelatihan di Tengah Pandemi Covid 19 Tetap Berkualitas Melalu E-Learning

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Di Tengah Merebaknya virus corona telah membuat perubahan di berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya kebijakan social distancing yang melarang masyarakat melakukan kegiatan di luar rumah tanpa keperluan mendesak.

Termasuk dalam hal pelatihan untuk mencegah terjadinya penyebaran yang meluas. Efeknya adalah semua pelatihan konvensional harus dihentikan untuk sementara waktu dan di gantikan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi yang kreatif dan menyenangkan seperti  e-learning.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam arahannya mengatakan bahwa pelatihan harus tetap jalan, tetapi dengan memanfaatkan online system dan e-learning.

Prof. Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan PPSDMP Kementan mengatakan, pelatihan Pertanian agar metode pelatihan dilakukan dengan terobosan baru dengan memanfaatkan Informasi teknologi.

“Pelatihan tidak boleh berhenti di tengah pandemi Covid-19. Jika diperlukan, pelatihan tematik harus dirubah formatnya, diganti dengan model pembelajaran E-learning,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) memastikan Para Widyaiswara tetap aktif dan kreatif melatih para Aparatur maupun Non Aparatur walau dalam kondisi Pandemi Covid 19 sehingga para SDM Pertanian baik aparatur dan Non aparatur tetap mendapatkan pelatihan yang berkualitas, peningkatan Ketrampilan meski harus melalui sistem pembelajaran jarak jauh.

“Justru ada hikmah yang bisa kita ambil di tengah pandemi ini, bahwa arah pendidikan memang harus menuju sistem edukasi 4.0,” kata Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, dalam keterangan pers, Selasa (14/4/2020).

Kepala BBPP Kupang drh. Bambang Haryanto, MM mengatakan, BBPP Kupang sebagai UPT di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menindaklanjuti Instruksi Kepala BPPSDMP untuk membuat e-Learning pelatihan BBPP Kupang.

Yaitu Yang sudah Berjalan tanggal 14 – 18 April 2020 adalah Pelatihan Pengolahan Hasil Ternak dan Pengolahan Pakan Ternak.(Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *