Kepala BPPSDM : Pengukuhan Duta Petani Merupakan Apresiasi Bagi Pelaku Pembangunan

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM), Prof. Dr. Ir Dedi Nursyamsi menegaskan, pengukuhan duta Petani Milenia dan duta petani andalan Kementan, merupakan apresiasi kepada pelaku pembangunan pertanian yang telah mendedikasikan dan memberikan kontribusi dalam gerakan pembaharuan pembangunan untuk memajukan sektor pertanian berorientasi eksport.

Dedi Nursyamsi menyampaikan hal ini pada pengukuhan 67 duta petani milenial dan petani andalan se-Indonesia melalui Vidio Conference (Vicon), Senin (13/4/2020).

Dijelaskan Dedi, dari data Badan Pusat Statistik ( BPS) jumlah penduduk Indonesia berjumlah, 33, 4 juta dari 33, 4 juta umur yang masih muda sekitar 2, 2 juta yang disebut petani milenial.

“Jadi petani milenia itu sekitar 8% dari total petani kita jadi sisanya lebih dari 90% masuk katagori petani kolial atau petani yang sudah tua dan ini adalah permasalahan kita,” ujar Dedi.

Ditambahkannya, Data BPS tiap tahun jumlah petani milenial yang umurnya 19- 39 tahun menurun terus. Contohnya : tahun lalu 2017-2018 itu ada penurunan 415 ribu petani milenial, turun terus dan ini menjadi tantangan kita.

Pada pengukuhan 67 duta petani milenial dan petani andalan se-Indonesia melalui Vidio Conference (Vicon), satu diantaranya petani milenial dari NTT yakni Gestianus Sino.

Pada pengukuhan ini Menteri Pertanian, Dr. Sahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, walaupun warga saat ini dihadapi dengan wabah Covid 19, tetapi pertanian harus tetap jalan. Kementrian Pertanian akan total memajukan  pertanian.

Menurut SYL, dalam bidang Pertanian yang harus dilihat adalah manusia petani yang produktif. Untuk itu diharapkan petani milenial dan petani andalan menjadi motor penggerak dalam menyerukan dan memberi semangat kepada penyuluh dan petani untuk tetap menggerakkan roda pembangunan sektor pertanian di negara ini.(Amperati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *