Cegah Covid 19, BBPP Kupang Serukan Enam Langkah Mencuci Tangan Kepada Masyarakat Sekitar Balai

KUPANG.NUSA FLOBAMORA– Pandemi corona covid-19 memang menjadi perhatian seluruh negara di dunia saat ini. Banyak negara yang terinfeksi oleh virus ini dan mengalami berbagai permasalahan pelik. Mulai dari banyaknya warga yang terinfeksi hingga kejadian-kejadian miris karena wabah virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyarankan langkah-langkah perlindungan untuk semua orang terhadap virus corona COVID-19. Hingga Selasa (3/3/2020), virus ini telah menyebar ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam setiap momen,  Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo yang akrab disapa SYL menekankan pentingnya faktor kesehatan dan imunitas setiap ASN Kementan dan keluarganya serta menyediakan Hand sanitizer  raung public dan penyemprotan disenfektan.

Kepala BPPSDM Prof. Dedi Nursyamsi mengingatkan untuk selalu jaga kesehatan terkait virus corona, selalu mempedomani dan Protokol Kewaspadaan yang direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Penyebaran virus Corona, COVID-19 harus diwaspadai, tapi tidak harus membuat panik. Caranya? Hindari kerumunan dan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1,5 meter atau social distancing, rajin mencuci tangan dan jaga kesehatan  sebagai Protokol Kewaspadaan,” kata Prof. Dedi Nursyamsi.

BBPP Kupang pada Kamis ( 9/04/2020)  melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar balai untuk sering mencuci tangan pada saat sebelum dan sesudah beraktifitas pada kegiatan solidaritas peduli COVID 19.
Muhammad Ukkas selaku Kabag Umum mengatakan pemerintah menganjurkan kepada semua warga untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk memerangi COVID 19.

“Rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas sebab, seseorang bisa saja tanpa sengaja “memindahkan” virus yang menular melalui dahak atau bersin tersebut dari tangan ke wajah. Akibat cemaran pada tangan yang kemudian menyentuh wajah, mulut, hidung, mata, ini yang harus kita lakukan,” ujar Ukkas.

Oleh karena itu,   biasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir setidak-tidaknya 20 detik. Penularan Covid-19 melalui kontak pada tangan masih sering terjadi., Penularan tidak langsung melalui kontak tangan ini cukup besar jumlahnya.
Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir merupakan salah satu cara palin efektif mencegah penyebaran virus corona covid-19.
Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Cara ini bahkan lebih efektif membunuh virus dibanding memakai hand sanitizer.

Mencuci tangan sangat disarankan, apalagi jika Anda masih harus berkegiatan di luar rumah. Virus corona covid-19 bisa menempel di berbagai permukaan yang mungkin Anda pegang.
Tetapi, tidak hanya di luar saja, saat di rumah juga  mencuci tangan tetap sangat disarankan. Apalagi jika Anda memesan makanan dari luar, atau setelah menerima paket dan macam-macam.

Tentu saja meskipun sudah mencuci tangan, Anda tetap disarankan tak memegang-megang bagian wajah, karena tindakan itu berisiko membuat terpapar virus corona covid-19 yang mungkin menempel pada tangan.

Begini enam langkah mencuci tangan yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia WHO untuk mencegah virus corona. Langkah-Langkah Mencuci Tangan :

1. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan.
2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.

3. Gosok telapak tangan dan sela-sela jari
4. Punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.

5. Ibu jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak taangan kiri dan sebaliknya. (Dikutip dari sumber: WHO). (Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *