Walau Working From Home Widyaiswara BBPP Kupang Ikuti E-learning Inseminasi Buatan

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—Wabah Virus Corona yang melanda Indonesia semakin mengkhawatirkan. Menanggapi hal itu, Pemerintah Indonesia tentu tidak tinggal diam dan mengeluarkan sejumlah kebijakan guna membatasi penyebaran virus ini.

Satu di antaranya adalah kebijakan dalam bidang Pendidikan/Pelatihan yaitu bejalar atau berlatih dari rumah mengurangi kerumunan orang dengan metode belajar/berlatih secara online menggunakan Informasi teknologi sperti e-learning dl.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa Widyaiswara BBPP Kupang (Drh. Cahya Purnamasari, drh. Mutya Fadhilah, Drh. Fajar Undari, Eny MUlyanti, M.Si, Sophia Pakpahan, M.Si dan Fitri Manihuruk, M.Si) walau working from home dikarena pandemic corona masih bisa mengikuti pelatihan E-Learning tentang Inseminasi Buatan.

Pelatihan ini digelar Puslatan dengan Widyaswara dari BBPKH Cinagara. Pelatihan online di buka oleh Kapala Pusat Pelatihan Pertanian Ir.Bustanul Arifin Caya M.DM.

Pemateri pada sesi pertama adalah drh. Dwi Walid Retnawati, M.Si dari BBPKH Cinagara. Ia menjelaskan teknis Inseminasi Buatan via teleconference.

Selain itu, ia juga menerangkan bahwa Syarat inseminator adalah memiliki surat izin melakukan IB. Peserta dapat mendownload modul pelatihan ini via jejaring e-learning puslatan.

Kegiatan pelatihan E-learning ini seperti halnya dengan kegiatan pelatihan offline di Balai. Peserta berhak mendapatkan sertifikat pelatihan, namun dengan berbagai syarat yang telah ditentukan pada setiap diklat yang diikuti.

Manfaat E-leaning:

1. Fleksibel. E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan.
2. Belajar Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.
3. Efisiensi Biaya. E-learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi.

Kelebihan E-learning

Kelebihan E-learning ialah memberikan fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, visualisasi melalui berbagai kelebihan dari masing-masing media (Sujana, 2005 : 253 ). Menurut L. Tjokro (2009:187), E-learning memiliki banyak kelebihan yaitu :

1. Lebih mudah diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video.
2. Jauh lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum audiensi, bisa dimana saja, bisa kapan saja, murah untuk diperbanyak.
3. Jauh lebih ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
4. Tersedia 24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap siswa, bisa dimonitor, bisa diuji dengan e-test.(Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *