DUKUNG KOSTRATANI, POKTAN KWINDA KABUPATEN MANGGARAI AMANKAN PANGAN DENGAN PANEN PADI

KUPANG.NUSA FLOBAMORA– Pandemi corona yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga bulan Mei mendatang mendorong Kementrian Pertanian untuk dapat mengantisipasi ketersediaan pangan bagi masyarakat Indonesia.

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang pusat gerakannya ada di kecamatan saat ini gencar berperan dalam penyediaan stok pangan di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan dengan Kostratani pertanian lebih maju mandiri bahkan dengan pengolahan yang lebih modern. Terlebih ditengah derasnya serangan wabah Covid-19 ini, Mentan SYL selalu menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir soal pangan, 11 komoditas bahan pokok dikawal pemerintah secara intens.

Hal demikian ditegaskan kembali oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi. Menurutnya, meski di tengah pandemi Covid-19 namun pertanian tidak berhenti, bahkan peran Kostratani justru menjadi sangat penting untuk meningkatkan produksi pertanian dan ekspor dengan basis IT.

Salah satu upaya dalam menjamin ketersediaan pangan tersebut, yaitu dengan melakukan sejumlah pendataan terkait luas panen, serta kegiatan petani yang ada di setiap Kostratani di Indonesia. Upaya inilah yang juga sedang dilakukan oleh BBPP Kupang.

Seperti yang Panen Padi sawah yang di lakukan oleh Poktan Kwinda (26/03/20) yang berlokasi di Salama, Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai berhasil memanen 1 Ha dari potensi panen 11 Ha, Varietas Inpari dan Produktivitas 5520 ton/Ha.dan produksi 550/ton.ha/gkp

Penyuluh Pertanian Lapangan sebagai pendamping petani di Desa Salama Kecamatan Reok, Adolfus Ratong menyampaikan, “Semangat kerja dari petani sangatlah tinggi, sekalipun kondisi saat ini sedang mewabahnya virus corona namun tak menyulut semangat mereka untuk tetap bertani dengan tidak mengesampingkan himbauan pemerintah untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan diri”.(Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *