P4S KWT Damai Binaan BBPP Kupang Produksi MINYAK VCO

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—-P4S Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Noelbaki Kabupaten Kupang, mulai memproduksi minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) untuk kesehatan dan kebutuhan rumah tangga. Seperti dipaparkan Clara Tawa, Ketua P4S KWT Damai apabila digarap dengan serius potensi minyak VCO bisa memberikan tambahan pendapatan terutama bagi petani.

Dalam hal meningkatkan kesejahteraan petani sepatutnya mengacu pada konsep pertaniaan terintegrasi. Produksi VCO P4S KWT Damai ini dilakukan langsung oleh Ketuanya yaitu Clara Tawa yang di produksi di rumahnya dengan menggunakan kelapa yang kualitasnya bagus.

VCO P4S KWT damai sering di ikutkan ke ajang promosi seperti pada pameran Pembangunan di daerah NTT maupun pernah di ikutkan dalam Pameran HPS oleh BBPP Kupang.

“ Kami sangat senang karena produk kami di apresiasi oleh BBPP Kupang dan akan di bantu pemasarannya dengan memasukkannya ke dalam outlate milik balai. Untuk sementara kami baru memproduksi untuk kalangan sendiri dan warga lokal saja yang membutuhkan,” kata Clara.

Clara memproduksi VCO setiap 2 minggu sekali. Untuk bisa memproduksi minyak kelapa murni tersebut, Clara membutuhkan sekitar 40 butir kelapa dengan hasil 2 liter minyak kelapa murni. Dan di kemas dalam botol Kapasitas 100 mll. VCO tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 25 ribu per botol.

Meski baru diproduksi secara terbatas, menurut dia, permintaan masyarakat, khususnya di kota maupun Kabupaten Kupang cukup besar. Minyak ini sangat diminati konsumen karena diyakini sangat baik untuk kesehatan dan mencegah kolesterol jahat di dalam tubuh.

“Tidak menutup kemungkinan ke depan kami akan memproduksi secara massal karena sangat bermanfaat bagi masyarakat, “ungkap Clara.

Untuk diketahui VCO/minyak kelapa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan antara lain Antibakteri, antibiotik, antiprotozoa. Mematikan berbagai virus, bakteri, jamur dan ragi. Menyediakan sumber nutrisi dan energi cepat. Meningkatkan energi dan stamina. Memperbaiki pencernaan dan penyerapan.

Memperbaiki sekresi insulin dan kerja glukosa darah. Meredakan stres pada pankreas dan sistem enzim tubuh. Mengurangi resiko diabetes melitus. Mengurangi gangguan pencernaan dan cystic fibrosis. Memperbaiki penyerapan kalsium dan magnesium. Mendukung perkembangan tulang dan gigi yang kuat.

Melindungi diri terhadap osteoporosis. Cara penggunaan diminum 1 sendok makan 3 kali sehari. Obat luar oleskan langsung pada kulit dan rambut.

Minyak VCO memiliki manfaat sebagai berikut :

1). Minyak VCO sebagai antibiotik yang sangat super dan alami. Hal ini menjadi semacam anomali seringnya dampak yang ditimbulkan oleh sistem pengobatan modern yang memunculkan strain bakteri dan tahan terhadap antibiotik.

2.). Minyak VCO adalah antioksidan yang melindungi tulang dari potensi kerusakan dan Osteoporosis. Salah satu penyakit degeneratif yang disebabkan karena kekurangan Kalsium sebagai awal dari tulang yang rapuh dan keropos.
Dengan 50% kandungan Laurat pada minyak VCO ini secara alami akan meredam efek radikal bebas pada saat oksidasi proses pembentukan tulang.

3). Minyak VCO sangat bermanfaat sebagai Antimicroba dengan kandungan Asam Laurat yang tinggi. Sebuah kandungan Asam Lemak rantai sedang  bersifat anti jamur dan anti virus.
Juga dipercaya sebagai salah satu obat terapi penyakit HIV karena Asam Laurat dalam minyak VCO akan berubah menjadi Monolaurin yang menghancurkan virus dan bakteri.

4). Manfaat minyak VCO adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL dalam tubuh kita. Percobaan pada hewan beberapa hewan tikus membuktikan kebenaran akan hal ini.

5). Konsumsi secara teratur Minyak VCO akan merangsang produksi Insulin dan membantu proses perubahan Glukosa menjadi sebuah energi yang baik bagi kesehatan.
Hal ini menjadi referensi manfaat Minyak VCO sebagai terapi penderita kencing manis dan diabetes. Sehingga dapat membantu pembuangan penumpukan gula darah bersamaan dengan urine.

6). Minyak VCO bermanfaat pula untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Minyak VCO yang terbukti memiliki kandungan MCFA (Asam Laurat, Asam Keplirat, Asam Kaprat, Oleat, Miristat dan Asam Palmitat) memberikan energi yang lebih pada saat proses melahirkan nanti.
Akan sangat baik juga pasca melahirkan karena akan mendorong pembentukan Susu ASI pada Ibu.

7). Minyak VCO juga berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh kita yang juga terdapat pada kandungan ASI (Air Susu Ibu).
Dengan konsumsi minyak VCO sedikit saja sudah sangat cukup dalam perlindungan diri terhadap Infeksi dan beberapa potensi penyakit lainnya.

8). Manfaat lain dari minyak VCO adalah untuk kesehatan rambut kita. Kelebutan molekul pada minyak ini dapat terserap lebih dalam ke kulit kelapa dan akar rambut sehingga memberikan perlindungan kelembaban pada kulit kepala dan batang rambut sehingga rambut akan lebih sehat tampak bercahaya.

9). Manfaat minyak VCO jelas menyehatkan jantung dan sistem pembuluh darah anda. Alami sebagai anti bakteri dan jamur, Minyak vco mencegah pembentukan Plak dengan membunuh Microorganisme pada pembuluh darah sehingga aliran darah dari jantung menjadi stabil dan lancar.

Memperlancar proses metabolisme tubuh sekaligus mencegah terjadinya proses pengentalan darah dan menahan meningkatnya kolesterol sebagai penyebab utama penyakit Jantung.

10. Manfaat minyak VCO untuk kondisi tubuh sehari-hari.
Menjaga stamina dan memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama pada saat kelelahan, lemah otot, sakit kelapa atau kerusakan sel otot dalam aktifitas tinggi yang kita jalani sehari-hari.
Hal ini dibuktikan oleh banyaknya minyak VCO yang dipakai dalam keperluan urut otot dan pemijatan tubuh tradisional.(Rilis Berita BBPP Kupang/Amperawati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *