MUI NTT Keluarkan Edaran Terkait Covid 19

 

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—Setelah mencermati perkembangan penularan Covid-19 yang dari hari ke hari terus meningkat dihampir semua wilayah Indonesia termasuk wilayah NTT, maka Dewan Pimpinan Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluarkan surat edaran.

Surat edaran MUI NTT ini berisi lima hal penting yang wajib diikuti dan ditaati umat Muslim. Surat yang ditandatangani Ketua MUI NTT, Drs. H. Abdul Kadir Makarim bersama Sekretaris  Drs H. Mandar langi Pua Upa. MM, ditujukan kepada Ketua MUI Kabupaten/ Kota se- NTT, ORMAS Islam se- NTT, IMAM Masjid se-NTT, Senin ( 23/3/ 2020).

Adapun seruan MUI NTT tersebut yakni, Pertama),  semua komponen masyarakat Islam di-NTT wajib mendukung dan mengikuti aturan atau edaran yang disampaikan oleh pemerintah setempat sebagai upaya kita bersama mencegah penyebaran virus corona.

Kedua), Untuk sementara tinggal didalam rumah dan tidak melakukan perjalanan keluar daerah baik dalam wilayah NTT maupun keluar wilayah NTT jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Ketiga), Menghimbau umat Islam untuk bersama-sama elemen masyarakat lainnya bersatu padu dan saling membantu dalam melakukan segala upaya dalam menangkal dan meminimalkan penyebaran virus corona.

Keempat), Menghimbau umat Islam untuk tidak saling berbantahan dan tidak saling menyalahkan dalam menyikap berbagai upaya yang ditempuh oleh pimpinan formal maupun non formal sebagai upaya mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona dan jangan menyebarkan atau ikut menyebarkan informasi dan berita yang belum diketahui kebenarannya (HOAX).

Kelima), Menghimbau umat Islam Se-NTT untuk ikut mensosialisasikan dan melaksanakan fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor : 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadinya Wabah Covid 19 tanggal 16 Maret 2020 (terlampir).

 

Demikian surat edaran ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasama semua elemen masyarakat yang ikut menyebarluaskan informasi ini, dihaturkan terima kasih.(*/ER).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *