Peran PERS Dalam Mencerdaskan Warga Sangat Diperlukan

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Dalam rangka memperingati Hari Pers yang jatuh pada tanggal  9 Februari 2020, Politisi Partai Demokrat Kota Kupang, Gustaf Yance Ndaumanu, memberi apresiasi terhadap kerja para jurnalis.

Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Kupang ini menilai peran PERS sangat dibutuhkan di era milenial sekarang ini dalam upaya mencerdaskan warga.

Gustaf yang juga  seorang Pengusaha Kuliner Kota Kupang, ketika ditemui di tempat usahanya” Bambu Kuning” Sabtu ( 8 /2/2020) mengatakan, pada prinsipnya peran PERS sangat dibutuhkan untuk menginformasikan berbagai hal. Terutama yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga masyarakat bisa mengetahui apa saja yang dilakukan selama masa pemerintahan.

Menurut Gustaf, dalam pemberitaan, PERS juga  harus berimbang. Peran PERS khusus di NTT sudah sangat baik, dimana pemberitaannya sudah sampai ke pelosok-pelosok sehingga  banyak memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kerja-kerja pemerintah.

Ditanya soal diskriminasi terhadap wartawan atau media yang saat peliputan di lapangan, anggota Komisi I  ini mengatakan, tidak bisa dipungkiri, hal-hal ini sudah sering terjadi. Hal ini karena, kurangnya pemahaman masyarakat tentang tugas -tugas dari pada pers itu sendiri.

“Saya contohkan. Dalam satu  peliputan satu berita ujung-ujungnya untuk memojokkan mereka, sehingga dasar pemikiran inilah mereka melakukan tindakan-tindakkan yang sebenarnya tidak dibenarkan,” ujarnya.

Dirinya menegaskan, kerja PERS itu  dilindungi Undang-Undang. Untuk itu dia mengusulkan agar Undang -Undang PERS perlu di sosialisasi kepada masyarakat sehingga bisa memahami fungsi, tugas dari pers itu sendiri.

Pengusaha Kuliner yang di kenal dengan Sei Babinya ini berharap, PERS baik media cetak, elektronik dan juga media online terus berkembang, tulisannya berkualitas dan berimbang. Selamat hari Pers yang ke 74 tahun 2020.(ampera).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *