NTT Mengalami Inflasi sebesar 0, 80 Persen pada Desember 2019

 

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat untuk inflasi di  Desember 2019 di Nusa Tenggara Timur ada 2 Kota yaitu, Kota Kupang dengan inflasi sebesar 0, 83 persen dan Kota Maumere 0, 63 persen.

Apabila inflasi di kedua kota ini digabungkan, maka kontribusi andil dari Kota Kupang sendiri sekitar 86 persen. Artinya Kota Kupang menjadi pengendali.

Walaupun demikian, BPS tetap mengakomodir bagian Flores yaitu di Kota Maumere dengan inflasi sebesar 0,63 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) NTT, Darwis Sitorus, S.Si, M.Si mengatakan ini, saat Jumpa Pers di Aula BPS NTT, Kamis ( 2/1/2020).

Dijelaskan Sitorus, penyumbang terbesar inflasi  adalah dari kelompok  bahan makanan yaitu 2, 02 persen.

“Kita tahu bahwa bulan Desember ini ada perayaan Natal dan menyongsong Tahun baru sehingga kelompok bahan makanan ini yang tertinggi,’ jelas Sitorus.

Kemudian, katanya,  diikuti oleh transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Paling  utama adalah angkutan udara dengan inflasi sebesar 1, 36 persen.

“Kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,25 persen. Dari kelompok sandang 0, 25 persen kemudian diikuti kelompok perumahan, air,listrik, gas dan bahan bakar 0, 07 persen,” beber Sitorus.

Menurutnya, di NTT ini  untuk kelompok bahan makanan di Kota Kupang jika di bandingkan dengan Kota Maumere menjadi yang tertinggi yaitu 2, 12 persen sedangkan Maumere 1,30 persen.

Kemudian  kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sementara yang tertinggi itu dari Maumere, sementara untuk Kota Kupang 0, 14 persen.

“Untuk perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar di Kupang terjadi inflasi 0, 08 persen sedangkan di Maumere terjadi deflasi 0, 02 persen. Di kelompok sandang Maumere lebih tinggi dibandingkan Kupang dengan 0,48 persen dan di Kupang 0,22 persen,” katanya.

Ditambahkannya, untuk kelompok kesehatan di Kupang sendiri mengalami deflasi 0, 08 persen, Maumere inflasi 0, 20 persen.

Sebaliknya di kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga di Kupang juga mengalami deflasi0, 02 persen sedangkan Maumere inflasi 0,11 persen.

Untuk transportasi, komunikasi dan jasa keuangan di Kupang bahkan lebih dari 1 yaitu 1, 49 persen sedangkan Maumere 0, 35 persen.

“Ini adalah kondisi inflasi di NTT selama Desember 2019. Kalau kita lihat inflasi selama Tahun 2019, NTT itu inflasinya hanya 0, 67 persen. Ini sebetulnya cukup rendah, dengan proyeksi 23 persen” katanya.( ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *