Pelaku Usaha di Kelurahan Bonipoi Dapat Dana PEM Senilai Rp 234 Juta

KUPANG.NUSA FLOBAMORA—Sebanyak 16 pelaku usaha di Kelurahan Bonipoi, Kota Kupang mendapat pengguliran ke 13 dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) senilai Rp 234.000.000.

Selama 18 bulan akan melakukan pengembalian tanpa bunga dan ini sebagaibentuk perhatian Pemerintah Kota Kupang dalam upaya Peningkatan pendapatan  Masyarakat Kota kupang khususnya warga   Bonipoi.

Lurah Bonipoi, Warisno Matutu menyampaikan hal ini kepada Wartawan, Selasa (24/9/2019).

Menurut Warisno, dalam kegiatan penyerahan dana PEM ini hadir dari Bappeda Kota Kupang, Kabid Ekonomi, Hengky Malelak. Disampaikan Warisno bahwa program ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Kupang dalam upaya Peningkatan pendapatan  Masyarakat Kota Kupang khususnya warga   Bonipoi.

Dengan bantuan dana PEM, jelas Warisno,  diharapkan warga penerima bantuan akan menghasilkan terutama  peningkatan usaha serta Pendapatan Ekonomi Keluarga.

Keberhasilan program Dana PEM juga dipengaruhi oleh kinerja Pengelola yang juga merupakan pengurus LPM serta keaktifan Fasilitator Dana PEM, serta kesadaran Pelaku Usaha dalam proses pengembalian Dana tersebut.

Dikatakannya, total Pelaku usaha yang telah mendapatkan Dana PEM di Bonipoi sebanyak 397 orang. Dirinya mengharapkan pelaku usaha berkontribusi dalam kebersihan lingkungan yang dimulai dari wilayah rumah masing – masing sebagai upaya  program Kelurahan Bonipoi  bersih dan hijau menuju Kupang smart city.

“Masih banyak bantuan lainnya seperti Bantuan Dana Kuliah,  Rastra, Batuan Kacamata,  Bantuan Rumah Tidak Layak Huni, BPJS bagi warga yang belum memiliki dll.  Untuk itu peran RT/RW sangat diharapkan sebagai pemberi informasi pada warganya,” pinta Warisno.

Warisno merincikan soal bantuan dana PEM. Pada tahun 2013 sampai 2019 sudah 3 kali pemkot melakukan penyaluran masing- masing Rp.  250.000.000. Total Dana PEM yang ada di Kelurahan Bonipoi sebesar Rp.  750.000.000.

“Secara bertahap sejak 2014 sampai 2019,  jumlah dana yang telah disalurkan atau digulirkan ke Pelaku Usaha sebesar Rp.  2.831.500.000,.(dua milyar delapan ratus tiga puluh satu juta lima ratus ribu rupiah),” tegas Warisno.(Amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *