Tim BPTP NTT Berikan Pelatihan Teknologi Beternak Ayam KUB bagi Santri Milenial

KUPANG.NUSA FLOBAMORA–Tim dari  BPTP NTT melaksanakan Pelatihan Teknologi Beternak Ayam KUB (Kampung Unggul Badan Litbang) pada santri dan pendamping dari beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Kupang.

Pelatihan yang dilaksanakan di Kandang Ayam KUB BPTP NTT, Selasa (17/9/2019) ini  diikuti oleh Santri dan Pemdamping dari Ponpes Hidayatullah Desa Batakte Kecamatan  Kupang Barat dan Ponpes Tarbiyatul Mualafin Desa Tesbatan Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang.

Mengutip Rilis Berita dari BPTP NTT disebutkan, Pelatihan ini merupakan kegiatan Santri Milenial BPTP NTT yang merupakan rangkaian dari launching Santri Tani Milenial di Tasikmalaya pada Februari 2019. Dimana BPTP NTT mengirimkan 2 orang santri tani milenial.

Setelah pelatihan ini kedua ponpes ini akan mendapatkan bantuan ayam KUB masing-masing sebanyak 250 ekor berumur kurang lebih 1 bulan.

Dalam pelatihan ini, para santri dan pendamping dilatih tentang Teknologi Budidaya Ayam KUB oleh para peneliti dari BPTP NTT.

Pelatihan ini sengaja dilaksanakan di Kandang Ayam KUB dengan tujuan agar para peserta pelatihan dapat melihat secara langsung cara beternak Ayam KUB.

Peneliti BPTP NTT menyatakan Ayam KUB memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan ayam kampung biasa diantaranya adalah pertumbuhan lebih cepat, umur mulai bertelur 22-24 minggu, puncak bertelur umur 28 minggu, produksi telur 160-180 butir per ekor per tahun, dan tahan terhadap penyakit.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini diantaranya, perkandangan, pemeliharaan, pakan, dan pencegahan penyakit. Ukuran kandang untuk ayam KUB, yaitu kandang postal berukuran 10×3,5 meter; tinggi bagian depan 2,75 meter; tinggi bagian belakang 2,25 meter beratap seng dapat menampung 200-300 ekor.

Pemeliharaan meliputi pemberian pakan, air minum, pencahayaan yang cukup, kebersihan kandang, dan pemanasan untuk ayam periode starter. Pakan Ayam KUB untuk mendapatkan produksi telur yang optimal diberikan pakan komersial (petelur). Pemberian pakan juga berdasarkan umur ayam.

Dalam pelatihan ini disampaikan bahwa pencegahan penyakit meliputi kebersihan kandang dan pemberian vaksin seperti Vaksin Marek, ND, dan Gumboro.

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh narasumber.

Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta mampu untuk beternak Ayam KUB (Tim BPTP NTT/Amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *